Disbudpar Berencana Ciptakan Paket Wisata Menarik di Kampung Budaya

Karawang, KTD- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang berniat membuat berbagai macam konsep program wisata di Kampung Budaya guna meningkatkan kunjungan masyarakat dan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari tempat tersebut.

"Kami akan membangun arena bermain anak anak yang bersifat membentuk pendidikan karakter, seperti arena kaulinan budak lembur, area menanam padi, outbond dan taman lalu lintas anak. Nanti ada semacam paket wisata bagi pengunjung yang akan memanfaatkan objek disini," ungkap Kasie Pengembangan Destinasi Wisata dan Ekonomi Kreatif Disparbud Karawang, Dadan Hendrayana didampingi Kabid Destinasi Pariwisata Nunuh Nugraha Arya Dones saat diwawancarai di kantornya, Selasa (7/8) pagi.

Sebagai langkah realisasi program tersebut, kata Dadan, Disbudpar berencana melakukan pembenahan infrastruktur di beberapa titik lokasi yang dianggap kurang representatif. Selain itu, pihaknya juga tengah mendalami kerjasama dengan salah satu perusahaan otomotif terbesar di Karawang untuk mendukung program Kampung Budaya menjadi lebih berbudaya.

"Kami sudah berkomunikasi dengan salah satu perusahaan otomotif terbesar. Mereka bersedia memberikan anggaran Coorporate Social Responsibility (CSR) dengan membangun sebuah galeri kesenian angklung dan melakukan penanaman bambu hitam di sepanjang aliran bantaran sungai di area Kampung Budaya," kata Dadan.

Ia juga ingin kembali mengajak para seniman untuk memanfaatkan lokasi Kampung Budaya sebagai ajang kreativitas dan memberikan wadah untuk menampilkan hasil karya para seniman baik Teater, tari, lukis, rupa, karawitan dan lain sebagainya.

"Ini juga dalam rangka untuk menghapus stigma negatif kampung budaya yang selama ini sudah melekat di mata masyarakat. Untuk itu, kami mengajak para seniman mengembalikan lagi ruh kampung budaya sebagaimana mestinya. Kita coba untuk membangun image baru agar kampung budaya bisa lebih dikenal dan benar benar menjadi destinasi wisata pilihan masyarakat Karawang," ucapnya. (nji)

 

 

 

 

Category: Budaya, Budpar
No Response

Leave a reply "Disbudpar Berencana Ciptakan Paket Wisata Menarik di Kampung Budaya"