SMK PGRI 4 Karawang, Sekolah Swasta yang Tidak Memungut Biaya Bangunan

 

Karawang, KTD- SMK PGRI 4 Karawang adalah Unit Sekolah Baru (USB) yang mulai beroperasi tahun ini. Sekolah yang berlokasi di Jalan. R. Ali Muchtar No. 34. Adiarsa Barat (bekas bangunan SMK Wirasaba) Karawang Barat, Karawang, Jawa Barat ini tidak membebankan siswanya untuk membayar biaya bangunan atau gedung.

"Sekolah kami bebas biaya bangunan. Kalau tidak percaya silakan bisa bertanya kepada siswa kami," kata Kepala SMK PGRI 4, Ibnu Hasyim, S.Pd.I saat diwawancarai di sekolahnya, Selasa (7/8) siang.
Ibnu menjelaskan, saat ini sekolahnya memiliki 2 rombongan belajar (rombel) dengan jumlah siswa 31 orang. Sekolah yang Berdiri di lahan seluas 7000 m2 ini membuka 3 kompetensi keahlian, diantaranya Teknik Sepeda Motor, Sistem Informasi Jaringan (SIAJ) atau yang lebih dikenal dengan TKJ dan Multimedia.
"Sekolah kami memiliki 16 ruang kelas ditambah dengan 3 ruang praktek, 1 ruang guru, 1 ruang kepsek dan 1 ruang tata usaha," jelasnya.
Sebagai sekolah baru, lanjut Ibnu, pihaknya siap bersaing dengan sekolah sekolah lainnya yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat. Ia yakin sekolahnya mampu membuktikan diri untuk berprestasi dan menjadi pilihan orang tua menyekolahkan anaknya.
"Jaman sekarang, orang tua  harus lebih jeli memilih sekolah untuk anaknya. Bagi mereka yang penting aman dan nyaman, meski bukan sekolah negeri atau favorit, pasti dikejar. Nah kami mencoba membangun image tersebut dengan mendidik karakter siswa agar jauh dari kenakalan remaja," terangnya.
Sementara Wakasek Humas SMK PGRI 4, Nensi Mesrani Tarigan, M.Pd menambahkan, alasan pihak sekolah membuka kompetensi keahlian TSM dan komputer karena menyesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja. Menurut Nensi, selama ini pola pikir masyarakat ketika mencari kerja adalah ingin menjadi buruh. Padahal, peluang untuk berprofesi di bidang lain masih terbuka lebar.
"Meski sekolah kami baru, tapi kami sudah menjalin kerjasama dan membangun jaringan dengan baik ke perusahaan dan pemerintahan. Saat siswa lulus, kami bantu untuk mencarikan link pekerjaan," ucapnya.
Di sekolah kami, katanya, menyediakan ekstrakulikuler sebagai wadah siswa untuk menempa karakter dan berekspresi yaitu Ekskul pramuka, rohis dan futsal. Ekskul-ekskul itu dibentuk selain sebagai sarana siswa berkreasi, juga untuk menambah motivasi sekolah.
"Berorganisasi itu kan belajar bagaimana mereka bisa bekerjasama dan menjaga persaudaraan. Harapanya sih selain mereka fokus di akdemis, mereka juga bisa menggeluti bidang non akademis dan bisa berprestasi," pungkasnya. (nji)
Category: Pendidikan
No Response

Leave a reply "SMK PGRI 4 Karawang, Sekolah Swasta yang Tidak Memungut Biaya Bangunan"