Daging Kurban SMKN 1 Karawang Dibagikan ke Yatim Piatu dan Warga Kurang Mampu

 

 

Karawang, KTD- Daging penyembelian hewan qurban SMKN 1 Karawang dibagikan kepada warga sekitar sekolah dan siswa kurang mampu atau yatim piatu di sekolah tersebut. Tahun ini SMKN 1 Karawang menyembelih 2 ekor sapi, pembelian 2 ekor sapi tersebut diambil dari anggaran swadaya siswa serta guru

”Kami bagikan sebagian daging yang ada kepada warga sekitar sekolah, setelah semua siswa mendapat bagian secukupnya,” Ketua Pelaksana Pemotongan Hewan Kurban SMKN 1 Karawang, M. Sidik Astari saat diwawancarai, Rabu (23/8) pagi di sekolahnya.

Staff kesiswaan SMKN 1 Karawang, Amad Madun mengatakan, Dua ekor sapi yang disembeli adalah murni swadaya semua murid dan guru, mulai dari menghimpun dana sampai penyaluran daging semua dikelolah murid melalui OSIS

“Kami tinggal memberi arahan dan bimbingan. Dengan dikelolah oleh murid, akan menjadi pembelajaran bagi mereka untuk mengurusi kegiatan qurban dari penyembelian sampai pembagian saat di masyarakat nanti dengan tepat sasaran,” jelas Amad.

Kepala SMKN 1 Karawang, Agus Rukmawan menyatakan penyembelian hewan Qurban di sekolah banyak memberikan hikmah bagi para siswa. Disamping kecerdasan intelektual ,yang dicapai saat belajar, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan sosial menjadi pembelajaran bagi siswa.

“Keteladanan Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail dalam mematuhi perintah Allah harus dicontoh oleh semua murid . Sementara berbagi daging Qurban akan menumbuhkan kepekaan sosial, yakni berbagi pada sesamanya, karena peduli kepada warga yang membutuhkan,” kata Agus.

Menurut Agus, kegiatan pemotongan hewan qurban di sekolah yang dipimpinnya setiap hari raya idul adha pasti dilakukan.

"Alhamdulilah, semangat untuk terus berbagi dan peduli dengan sesama cukup di keluarga besar SMKN 1 Karawang. Dan partisipasi siswa-siswi juga sangat mendukung kegiatan keagamaan ini," ucapnya.

Agus berharap program pemotongan hewan kurban  dapat berjalan secara kesinambungan.

“Selain memperingati hari keagamaan, kegiatan ini pun dalam rangka pembentukan karakter siswa agar memiliki jiwa sosial, peduli dan mampu melaksanakan serta bekerjsama dalam kegiatan keagamaan,” katanya. (nji)

Category: Pendidikan
No Response

Leave a reply "Daging Kurban SMKN 1 Karawang Dibagikan ke Yatim Piatu dan Warga Kurang Mampu"