Membludaknya Antrean Pemohon e-KTP, Disdukcapil Karawang Maksimalkan Pelayanan

Karawang, KTD- Antrean pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP di Kantor Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang membludak. Akibatnya, warga yang hendak mengurus e-KTP harus mengantre hingga berdesak-desakan.

Hingga Senin (3/8) pagi tadi, warga dari sejumlah wilayah di Kabupaten Karawang terus berdatangan. Kondisi itu menyebabkan area kantor Disdukcapil penuh sesak.

Bahkan, sejumlah warga yang sudah mengantre, terpaksa harus kembali ke rumahnya lantaran telah kehabisan nomor antrean pelayanan pengurusan e-KTP.

Seperti  dialami Yayah Yayah (47). Warga Adiarsa Barat ini mengaku datang ke kantor sekitar pukul 08.00 WIB. Namun berhubung nomor antrean habis, ia terpaksa harus pulang kembali ke rumah.

"Nomor antrean dibatasi hanya 500. Saya ke sini sudah habis karena katanya banyak yang pada datang dari jam 04.00 pagi hari atau pagi-pagi sekali. Makanya besok rencana mau datang lagi kesini lebih pagi," kata‎ Yayah.

Yayah mengaku baru hendak mencetak e-KTP miliknya setelah sebelumnya sudah melakukan perekaman data sekitar satu tahun yang lalu. "Perekaman sudah lama. 14 bulan yang lalu. Baru dapat surat keterangan. Ini baru mau nyetak," ungkapnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang, Yudi Yudiawan menyebut, ada sekitar 500 hingga 1000 warga yang datang ke kantor untuk mengurus pembuatan kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP. Banyaknya warga yang datang sejak subuh hingga pagi tadi, membuat antrean di kantor pelayanan tersebut penuh sesak.

Yudi menuturkan, sejak dibukanya pelayanan e-KTP sejak minggu lalu, antrean warga sudah terlihat.

Padahal, sambung Yudi, kemampuan Disdukcapil untuk melayani warga yang mengurus pembuatan KTP elektronik per harinya hanya sekitar 500 orang. Itu pun, kata Yudi, pegawai bekerja kadang melebihi batas waktu jam kerja.

"Kemampuan kita tiap harinya kan terbatas. Terbatas dengan peralatan, SDM-nya, dan waktu," sebutnya.

Ia mengaku, dengan segala keterbatasan yang ada, pihaknya tetap akan bekerja dan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terhadap warga.

Yudi menjelaskan, bahwa Disdukcapil hanya melayani pengurusan pencetakan e-KTP saja. Sehingga, jika ada perubahan data atau lain sebagainya, pihaknya mempersilakan untuk mengurusnya di kecamatan masing-masing. (nji)

 

 

Category: Peristiwa
No Response

Leave a reply "Membludaknya Antrean Pemohon e-KTP, Disdukcapil Karawang Maksimalkan Pelayanan"