Kasus HIV/AIDS di Karawang Meningkat, KPA Sasar Pelajar SMP

Karawang, KTD- Penderita kasus HIV/AIDS di Kabupaten Karawang mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan tahun lalu. Dari data yang diperoleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Karawang, hingga Agustus 2018 ditemukan sebanyaknya 57 kasus baru. Ironisnya, kasus yang ditemukan paling banyak dari kalangan laki-laki sex laki-laki (Lsl) dan Heterosek, sehingga perlunya pembekalan kepada masyarakat tentang bahayanya penyakit HIV/AIDS ini.

KPA Kabupaten Karawang berupaya intens menyasar para pelajar di Karawang. Pengidap HIV di Karawang ternyata ada yang dalam usia sekolah. Pengidap HIV dalam usia sekolah mencapai 19 kasus.

“Mereka berusia sekitar 15 hingga 19 tahun,” kata Sekertaris KPA Karawang melalui staff KPA, Awan Gunawan saat diwawancarai, Kamis (6/9) sore.

Menurutnya, sosialisasi bahaya HIV/AIDS menyasar kalangan pelajar agar mereka terhindar dari gaya hidup bebas. Mulai dari seks bebas hingga penggunaan narkotika. Pihak dinas juga mengajak para kawula muda menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Kata Awan, Pihaknya dituntuntut untuk lebih maksimal lagi dalam menanggulangi kasus HIV hingga menekan angka terjadinya HIV/AIDS dengan melakukan sosialisasi lebih rutin kepada masyarakat. Langkah tersebut  akan dilakukan di kalangan para pelajar.

Jumlah kasus HIV secara kumulatif dari tahun 1992 hingga Agustus 2018 mencapai 898 kasus. Jumlah tersebut mengalami kenaikan cukup signifikan setiap tahunya. (nji)

Category: Peristiwa
No Response

Leave a reply "Kasus HIV/AIDS di Karawang Meningkat, KPA Sasar Pelajar SMP"