Cegah Wabah Difteri, 2700 Siswa SMKN 1 Karawang Disuntik Massal

 

 

Karawang, KTD- Sedikitnya 2. 700 siswa dan siswi SMKN 1 Karawang didatangi tim Imunisasi Difteri dari Puskesmas Tanjungpura, Senin (8/10). Tim Imunisasi Difteri ini memberikan suntikan ke masing-masing siswa kelas 10, 11 dan 12 secara antre dan bergiliran. Tak jarang, para siswi ketakutan karena menahan sakit saat disuntik tim kesehatan itu.

‘Memang KLB difterinya di Jawa Barat, upaya ini sebagai bentuk antisipasi. Makanya kami menggelar imunisasi difteri massal. Karena untuk usia imunisasi ini antara usia 1 sampai 19 tahun. Ini sebagai upaya antisipasi di Jatim,’ terang Waka Humas Kesiswaan, Aliya M.Pd saat diwawancarai.

Aliya mengatakan, kegiatan suntik difteri di SMKN 1 Karawang adalah yang ketiga kalinya dalam jangka setahun. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan terhadap wabah difteri yang melanda Jawa Barat.

 ‘Dari ribuan siswa kami itu ada 250 siswa yang masuk industri. Tapi yang selesai datang ke sekolah untuk disuntik. Kalau tak bisa mengikuti 3 tahapan imunisasi difteri itu maka harus suntik menggunakan biaya sendiri. Karena saat ini gratis kami berkoordinasi dengan tim medis Puskesmas  Tanjungpura,” imbuh Aliya.

Sementara itu, salah sati tim Imunisasi Puskesmas Tanjungpura, Nuning Wulandari menegaskan penyuntikan imunisasi difteri ini sebagai salah satu upaya pencegahan wabah difteri. Selain itu, sebagai upaya penanggulangan agar para siswa kebal dengan serangan difteri.

Selain mendatangi sekolah tim imunisasi difteri juga menggelar penyuntikan di Posyandu dan sejumlah TK dan RA. Tujuannya tetap untuk memberikan kekebalan di tubuh pelajar. Apalagi imunisasi difteri tidak mengenal tahapan imunisasi.

‘Yang penting kondisi yang disuntik sehat dan suka makan. Prosesnya melalui permintaan dan permohonan sekolah kemudian tim mendatangi sekolah pemohon itu untuk realisasi imunisasi difteri itu,’ pungkasnya. (nji)

Category: Pendidikan

No Response

Leave a reply "Cegah Wabah Difteri, 2700 Siswa SMKN 1 Karawang Disuntik Massal"