Cari Motif Batik Karawang Lewat Seminar

0 1574

Abah Herman Elfauzan pemerhati kebudayaan di Karawang

Karawang, KTD- Belum ada kejelasan, bentuk Batik Karawang. Itu sebab,  Sanggar Seni Saung Beureum bekerja sama dengan Yayasan Batik Jawa Barat akan menyelenggarakan seminar sehari mencari dan mewujudkan batik Karawang,  Selasa (3/6/14).

“Selayaknya Karawang memiliki batik asli Karawang. Namun, hingga saat ini belum ditemukan secara jelas sejarah dan motif asli Karawang,” ujar Budayawan Abah Herman Elfauzan, menyebutkan alas an diselenggarakan seminar sehari tersebut.

Seperti halnya di beberapa tempat lain di Indonesia, batik Karawang idealnya ada. Tentu saja bentuknya akan  variatif dan berkarakteristik seni budaya Karawang.

“Selain kaya akan karya seni budaya, alam Karawang sangat indah. Sehingga kalau pun ada batik Karawang, tentunya akan kaya akan motif-motif yang luar biasa,” ujar bapak yang kesehariannya kerap memakai iket kepala ini.

Kendati demikian, Herman tidak melihat seni batik Karawang berkembang pesat. Buktinya, ketika akan diselenggarakan lomba membuat motif batik, pesertanya nyaris taka da.

“Sudah lama diumumkan yang daftar hanya dua orang saja. Daftarnya pun lewat telepon. Sehingga saya ragu apa benar atau tidak mau ikut lomba,” ujarnya.

Pada seminar sehari yang akan berlangsung di Sanggar Seni Saung Beureum besok rencananya  akan hadiri Ibu Sendy Dede Yusuf (Ketua Yayasan Batik Jawa Barat), Dr. Cellica Nurrachadiana (Wakil Bupati Karawang) serta H. Dadan Sugardan (Disbudpar Karawang). (yfs)

Category: Budaya, KarawangTags:
No Response

Leave a reply "Cari Motif Batik Karawang Lewat Seminar"