Keragaman Batik Karawang

0 5311
Pare Saiket

Motif Batik Karawangan Pare Sagedeng

Karawang, KTD-Kendati belum ada kejelasan, terkait bentuk Batik Karawang, Bale Batik Taza Karawang ternyata telah menghasilkan sedikitnya 16 desain batik bernuansa Karawang. Hal itu dikatakan pimpinan Art Kreasi Batik Karawang, Hj. Isiqomah, Selasa (2/6/14).

“Ada motif Citaruman, Cigentis, Panen Raya, Pare Sagedeng, Lumbung Padi,” ungkap peraih predikat Inspirasi Women Kabupaten Karawang 2012 ini.

Motif batik yang menurutnya karawangan ini, ternyata begitu diminati. Bahkan baru-baru ini pihaknya kebanjiran order dari para pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Jabar, Ikatan Keluarga Besar Karawang di Batam.

“Pesanan dari Batam batik karawangan dengan motif pare sagedeng,” ujar ibu dari 4 orang anak ini.

Desain batik karawangan yang diciptakannya itu  bukan saja diproduksi untuk kepentingan bale batiknya saja, melainkan sering diajarkan kepada pihak yang berminat membatik.

Menurut istri dari H. Kol (Purn) TNI Garjito ini, sudah banyak kalangan di Karawang yang punya ketertarikan membatik. Seperti dari ratusan pelajar tingkat SMA dan SMP di Karawang, GOW Karawang dan sejumlah pecinta seni lainnya.

“Biasanya mereka datang ke sini dan belajar membatik. Ibu sih senang saja. Mudah-mudahan batik karawangan ini bisa digemari bukan saja oleh urang Karawang, tapi juga berbagai bangsa lain dari berbagai belahan dunia,” harap ibu berusia kepala enam ini. (yfs)

 

Category: Budaya, KarawangTags:
No Response

Leave a reply "Keragaman Batik Karawang"