11 Produk Siswa SMKN 1 Karawang Dipamerkan di Ajang Technopark

 

 

 

Karawang, KTD- SMKN 1 Karawang baru saja melakukan peresmian program dan produk Technopark bertempat di halaman SMKN 1 Karawang belum lama ini. Program ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dengan berbagai macam gelaran acara seperti Job Matching, funbike, gerak jalan santai, kreasi seni dan pameran  produk siswa SMKN 1 Karawang dari 11 Kompetensi Keahlian.

Pada kesempatan itu, hadir pula Direktur PSMK Kepala Sub Bidang Lesjurin, Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan BMTI Drs Marthen K. Patiung, Kabid Pendidikan Menengah Provinsi Jabar, Disnakertrans Karawang, Korwas SMK, Manager Dudi, Ketua MKKS SMK para Kepsek SMK se Karawang dan tamu undangan.

Menurut Kepala SMKN 1 Karawang, Agus Rukmawan mengatakan Program Technopark merupakan pusat dari beberapa Teaching Factory di SMK yang menghubungkan dunia pendidikan dengan dunia industri dan instansi yang relevan untuk bekerjasama.

”Dengan program ini diharapkan bisa menciptakan siswa-siswi yang unggul dan kompeten serta memberi manfaat untuk masyarakat Karawang dan untuk kemajuan pendidikan khususnya di Karawang.” Jelas Agus saat diwawancarai.

SMKN 1 Karawang merupakan satu-satunya SMK di Karawang yang ditunjuk oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk melaksanakan program Technopark.

Beberapa program technopark di antaranya meliputi kerjasama industri, pelatihan guru, pengembangan kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri, pengembangan kewirausahaan, dan lain-lain.

Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan BMTI Drs Marthen K. Patiung mengatakan bahwa pemerintah sudah membe­rikan kepercayaan dalam penyelenggaraan Technopark kepada SMKN 1 Karawang itu berdasarkan seleksi dan penilaian ketat.

”Kami melihat SMKN 1 Karawang ini sangat siap dan layak untuk menjalankan program ini karena sekolah ini sudah menyelenggarakan konsep Teaching Factory dalam pembelajarannya,” jelasnya.

Dijelaskannya, teaching factory merupakan kombinasi antara life skill dengan produk. Sedangkan technopark sendiri menjadi kawasan terpadu yang menggabungkan antara dunia usaha, perbankan, pemerintah, perguruan tinggi dan bisnis,

”Ada penelitian dan pengembangan, administrasi, promosi, kemandirian, akuntabilitas, tanggung jawab, transparansi, dan kemitraan,” ungkap Marthen. (myz)

Category: Pendidikan
No Response

Leave a reply "11 Produk Siswa SMKN 1 Karawang Dipamerkan di Ajang Technopark"