Begini Kata Pelajar dan Guru Soal Peringatan Hari Aids Se-dunia

 

Karawang, KTD- Hari AIDS Sedunia (HAS) yang diperingati 1 Desember 2018 lalu baru saja digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, Kamis (13/12) pagi kemarin di Halaman Plaza Pemda Karawang. Tak hanya perwakilan perusahaan, organisasi dan lembaga masyarakat, pelajar dan guru juga menghadiri kegiatan upacara yang menghadirkan Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana tersebut. Lalu, seperti apa perayaan HAS di mata dunia pendidikan Karawang ini?

"Kita jadi tahu tentang apa itu HIV dan AIDS. Kita juga jadi tahu tentang cara pencegahannya," ujar Tari Puspita, pelajar SMAN 3 Karawang ini saat diwawancarai.

Tari mengaku antusias saat dia dan teman-temannya diajak oleh KPA (Komisi Penanggulangan Aids) Kabupaten Karawang, terlebih untuk menyampaikan pesan bahwa penderita HIV/AIDS tidak perlu untuk dijauhi atau diisolasi.

"Senang sekali, karena kami mewakili generasi muda yang sangat berpotensi untuk terkena HIV AIDS, dan saya sangat prihatin kalau masih banyak teman-teman seumuran saya yang justru terjerembab ke dalam dunia hitam ini," ucap Tari.

Sementara itu, Rindi Antika, guru SMAN 4 Karawang ini mengatakan acara peringatan Hari AIDS Sedunia ini seharusnya dilaksanakan lebih meriah. Momentum tersebut, kata Rindi, sangat penting untuk informasi dan sosialisasi bagi masyarakat, khususnya pelajar.

Ketika ditanyakan tentang pentingnya edukasi tentang HIV dan AIDS pada pelajar, guru yang biasa dipanggil dengan sebutan Bunda oleh murid-muridnya ini mengakui kalau hal itu sangat penting. Namun menurutnya acara harus dikemas sesuai targetnya.

"Sebagai seorang pendidik, saya rasa pengetahuan tentang seks, HIV, dan AIDS harus dimulai sedini mungkin. Jika tidak, nantinya mereka akan penasaran dan akhirnya coba-coba tanpa tahu akibatnya," ujarnya.

Rindi juga berpesan kepada seluruh pelajar yang ada di Indonesia untuk mencari informasi sebanyak dan sedini mungkin tentang HIV dan AIDS.

"HIV dan AIDS itu penyakit berbahaya yang harus kita cegah. Untuk mencegah, kita harus tahu dulu tentang apa itu HIV dan AIDS. Kalau kita sudah punya cukup pengetahuan tentang itu, kita pasti akan tahu tindakan apa yang harus kita lakukan," pungkasnya. (myz)

Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Begini Kata Pelajar dan Guru Soal Peringatan Hari Aids Se-dunia"