PGSD Ekspo 2019 : Mahasiswa Kreatif, Inovatif dan Bermental Enterpreneur

 

 

Karawang, KTD- Menjadi guru masa kini jangan hanya bermodal pintar bidang akademis saja, tapi juga harus memiliki kreativitas, inovatif dan bermental wirausaha. Hal itu diungkapkan Kaprodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang, Ayu Fitri S.Pd M.Pd saat diwawancarai dalam kegiatan PGSD Ekspo 2019 di Kampus UBP, Sabtu (12/1) pagi.

 

Ayu menjelaskan, untuk mengasah kemampuan mahasiswanya, perkuliahan di PGSD UBP tidak hanya berkutat pada hal yang bersifat akademis saja. Mereka juga dibekali oleh pembelajaran soft skill seperti mata kuliah kewirausahaan dan kesenian.

 

"Kami berharap mahasiswa juga kreatif dan menginspirasi. Meski guru SD, mereka juga dilatih agar memiliki potensi berwirausaha. Nantinya mereka menjadi guru dengan paket lengkap. Selain mengajarkan ilmu pengetahuan, juga bisa mengasah anak didiknya dalam bidang lain," kata Ayu.

 

Ayu mengatakan, melalui program-program kewirausahaan yang telah diajarkan kepada mahasiswanya, pihaknya mengaku telah berhasil mencetak mahasiswa PGSD menjadi wirausahawan yang sukses.

 

"Ada mahasiswa kami yang membuka usaha dengan omset Rp.30 juta per bulanya. Ada juga yang membuka kelas private dengan siswa mencapai 30 orang," akunya.

 

 

 

Ketua Panitia PGSD EKSPO 2019, Berlian Dafa Haidi mengatakan kegiatan tersebut merupakan kali pertama yang diadakan oleh mahasiswa PGSD UBP. Rencananya, akan dijadikan program tahunan dengan skala yang lebih besar.

 

"Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa PGSD dari angkatan 2015 sampai tahun 2019 sekitar 450 mahasiswa. Namun setiap angkatan diberikan tugas berbeda-beda untuk menampilkan hasil karyanya. Angkatan 2015 membuat media pembelajaran dan bahan ajar inovatif ada 200 buku. Angkatan 2016 membuat produk makanan dan minuman. Untuk angkatan 2017, menampilkan  kesenian kabaret, kerajinan tangan dan seni rupa,' ungkap Berlian.

 

Ia mengharapkan acara tersebut bisa menjadi sebuah wadah kreativitas yang nantinya bisa menunjang masa depan di dunia pekerjaan. (myz)

 

Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "PGSD Ekspo 2019 : Mahasiswa Kreatif, Inovatif dan Bermental Enterpreneur"