Permudah Siswa Masuk Perguruan Tinggi, Dua SMA Negeri Karawang Gelar Edu Fair

 

Karawang, KTD- Dua SMA Negeri di Karawang, akhir pekan lalu menggelar kegiatan Edu Fair di sekolah masing-masing. Kegiatan Edu Fair merupakan ajang pengenalan perguruan tinggi di seluruh Indonesia oleh para alumni kepada almamaternya. Kegiatan ini bertujuan mempermudah akses informasi mengenai pendidikan tingkat tinggi baik negeri dan swasta, sehingga siswa di sekolah tersebut tidak perlu datang langsung ke universitas yang diinginkan. Cukup melalui Edu Fair saja, para siswa bisa langsung mengetahui cara masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tersebar di seluruh indonesia melalui berbagai macam jalur hingga informasi mengenai beasiswa.

Kepala SMAN 5 Karawang, Agus Setiawan mengatakan kegiatan talkshow seminar dan pameran perguruan tinggi se indonesia diinisiasi oleh alumni SMAN 5 (smanli) Karawang sejak beberapa tahun lalu. Ia menjelaskan, perkembangan lulusan smanli selama 3 tahun terakhir mengalami progres yang baik.

"Dari tahun ke tahun, lulusan sekolah kami yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri mengalami peningkatan. Tahun  2018 saja, ada 168 siswa lulusan SMAN 5 yang diterima di PTN tersebar di seluruh Indonesia," kata Agus saat diwawancarai, Sabtu (19/1) pagi di sekolahnya.

Terpisah, Kepala SMAN 1 Karawang, Dwi Setyono menyatakan ikatan alumni smansa adalah pionir bagi kegiatan Karawang Edu Fair. Di tahun ini, kata dia, merupakan tahun ketujuh penyelenggaraan KEF di sekolahnya. Melalui kegiatan tersebut, para alumni mencoba untuk memberikan informasi soal Perguruan Tinggi dan beasiswa bagi adik adik kelasnya yang berniat melanjutkan kuliah.

"Lulusan smansaka yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2018 mencapai angka 230 siswa melalui beberapa jalur," ucap Dwi saat diwawancarai.

Ia berharap, program ini bisa terus berjalan dan terduplikasi sekolah lain, sehingga informasi mengenai perkuliahan bisa lebih mudah didapat.

"Masyarakat karawang bisa lebih mudah memanfaatkan informasi pendidikan biar lebih banyak yang masuk ke PTN. Nanti setelah lulus bisa sama sama membangun Karawang," ujarnya. (myz)

Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Permudah Siswa Masuk Perguruan Tinggi, Dua SMA Negeri Karawang Gelar Edu Fair"