Artvance Adakan Pelatihan Sketsa Wajah bagi Pelukis Pemula

 

Karawang, KTD- Artvance Kabupaten Karawang mengadakan pelatihan melukis bagi pemula, Sabtu-Minggu (3-4/2) kemarin di Kelurahan Nagasari. Kegiatan ini begitu menarik minat para komunitas lukis di berbagai macam kota seperti Bandung, Jakarta dan lainnya.

Sekertaris Artvance, Amalia Wijayanti mengatakan kegiatan pelatihan melukis tersebut memfokuskan cara membuat sketsa wajah bagi para pemula, karena menurutnya, order sketsa wajah banyak berdatangan dari para pelanggan lukisan.

“Kami mendatangkan pemateri dari luar yang sudah melanglang buana di berbagai pameran lukis. Kegiatan ini juga tercetus dari media sosial,” ucap Amalia.

Pelukis Yogyakarta, Achmad Solichin sebagai pemateri mengatakan, melukis menggunakan media oyan tergolong masih baru. Hal inilah yang berusaha diberikan kepada para peserta pelatihan.

Menurut Solichin, dalam seni lukis media dan teknik menjadi hal penting yang harus dipahami. Salah satu media yang sangat jarang digunakan dan diketahui banyak orang adalah media oyan. Ia mengaku mendapatkan ide menggunakan serbuk bangunan dari seorang kawan.

“Media ini murah ya. Jadi ideal untuk para pelukis pemula. Kelebihanya juga banyak,” kata Solichin.

Ia menjelaskan, kegiatan ini tercetus dar kawan kawanya sesama pelukis dan penikmat seni lukis di media sosial. Kata dia, mereka banyak yang menanyakan proses penciptaan lukisan menggunakan media oyan. Selain memberikan materi tersebut, ia juga berkesempatan membagi ilmunya soal teknik proyeksi mata dan cara cepat melukis dengan cat minyak.

“Teknik proyeksi mata yang ajarkan adalah untuk mendapatkan proporsi yang akurat tidak perlu menggunakan grid atau proyektor atau alat lainnya. Namun dengan tingkat kemiripan secara sempurna,” jelasnya. (myz)

Category: Budpar, Seni dan Budaya
No Response

Leave a reply "Artvance Adakan Pelatihan Sketsa Wajah bagi Pelukis Pemula"