Tiga Desa di Karawang Berpotensi Menjadi Desa Wisata

 

 

 

 

Karawang, KTD- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang berencana membentuk tiga desa wisata dalam waktu dekat. Tiga desa tersebut antara lain Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru dan Desa Sukerta Kecamatan Cilamaya Wetan.

Kadsiparbud Karawang, Okih Hermawan mengatakan, pemerintah kabupaten sudah memiliki kriteria untuk menetapkan sebuah status desa wisata. Sejumlah kriteria tersebut seperti tingkat potensi wisata dilihat dari jumlah pengunjung dan pengelolaan tempat.

“Kriteria itu sudah ditentukan. Khusus untuk Desa Sukakerta sedang kita teliti dan kaji bisa menjadi desa wisata. Ada desa wisata rintisan dan mandiri itu semua garis memenuhi kriteria,” ungkap Okih saat diwawancarai di Hotel Mercure Karawang, Kamis (7/2) sore.

Okih menjelaskan, tujuan adanya desa wisata tersebut, salah satunya untuk mengembangkan ekonomi pada masyarakat desa tersebut atau dalam artian mendukung kesejahteraan masyarakat dan juga meningkatkan daya jual-beli, seperti penjual makanan yang diperkirakan akan meningkat seiring dengan datangnya pengunjung.

“Kan nanti di situ ekonomi kreatif jadi berkembang, penjual jadi tambah laku, dan akan mendapatkan PAD juga ke depannya nanti,” ucapnya. (myz)

 

Category: Budpar, Karawang
No Response

Leave a reply "Tiga Desa di Karawang Berpotensi Menjadi Desa Wisata"