Hanya di Indonesia, Hal-Hal Unik Ini Ada Saat Ramadan Tiba

 

Karawang, KTD- MARHABAN yaa Ramadan. Kegembiraan menyambut datangnya Ramadan, bulan penuh berkah dan penuh kemuliaan. Ramadan merupakan bulan untuk membumi-hanguskan berbagai dosa dan maksiat selama kurang lebih setahun berlalu. Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan saat Ramadan sebagai berikut :

  1. Obrog-Obrog/Membangunkan

Sahur Obrog-obrog merupakan tradisi yang selalu ada di bulan Ramadan, kegiatan unik ini sudah menjadi seni tradisi sangat unik dan menarik di Indonesia. kegiatan obrog-obrog yang biasanya dilakukan para remaja  untuk membangunkan sahur dengan cara berteriak "sahur-sahur" dan memukul beduk keliling kampung.

  1. Ngabuburit

Ngabubrit istilah dari bahasa Sunda "burit" yang berarti sore menjelang malam. Tradisi ngabuburit. Jadi ngabuburit yang biasa identik dengan bulan Ramadhan ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang ketika menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang waktu Adzan Maghrib datang, atau biasa disebut menunggu waktu berbuka puasa.Walaupun ngabuburit bukan ajaran islam, alangkah baik ngabuburit di masjid membaca al quran dan bersedekah antara sesama memberikan makanan untuk berbuka puasa.

  1. Berbelanja Selama Bulan Ramadan dan Menjelang Hari Raya

Kegiatan berbelanja sudah menjadi tradisi Indonesia. Masyarakat Indonesia memenuhi berbelanja untuk kebutuhan selama puasa, belanja untuk memasak berbuka puasa atau membeli makanan jadi di warung-warung. Menjelang Hari Raya, masyarakat melakukan kegiatan membeli pakaian baru untuk kebutuhan Hari Raya.

  1. Buka Puasa Bersama

Bukber atau Buka Bersama merupakan kegiatan yang unik. Buka bersama merupakan hal positif karena bisa menjalani silahturahim kembali dengan keluarga, teman, sahabat.

 

  1. Takbiran Keliling Satu Bulan Berpuasa

Lebaran merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu kaum Muslim. Indonesia mempunyai tradisi yaitu malam takbir keliling untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Takbir keliling dilakukan dengan mengucapkan kalimat takbir (Allahu Akbar) secara bersama-sama dengan membawa beduk dan obor di jalan.

  1. Sahur on The Road

Walaupun kegiatan ini di beberapa tempat sudah dilarang, namun banyak komunitas yang menjadikan kegiatan Sahur On The Road salah satu kegiatan sosial di bulan Ramadan. Mereka secara bersama sama membagikan nasi atau makanan untuk kaum dhuafa yang ditemui di sepanjang jalan. (red)

Category: Unik
No Response

Leave a reply "Hanya di Indonesia, Hal-Hal Unik Ini Ada Saat Ramadan Tiba"