Bupati Cellica Berencana Bangun Rumah Sang Maestro Sinden

 

 

Karawang, KTD- Dalam tajuk Wanita Inspiratif Award 2019, Ibunda Yoyoh Supriatin Seniman Pesinden Kacapi Tunggal dinobatkan sebagai Wanita yang berprestasi, yang dilaksanakan belum lama ini di Karawang. Dalam acara tersebut hadir Bupati Karawang dr. Hj Cellica Nurrachadiana serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan H. Okih Hermawan, S.Sos, MM.

Ibunda Yoyoh Supriatin adalah sosok wanita yang pantang menyerah dalam kehidupannya sehari-hari. Beliau lahir pada tahun 1942, kini usianya sudah 77 tahun. Karya-karyanya dalam dunia kepesindenan sudah banyak yang beliau ciptakan. Awal karirnya adalah rekaman kaset pita pada tahun 1979 dengan kacapi tunggal yang ia mainkan sendiri dengan judul lagu ” Hiji Catetan ” kasetnya langsung meledak dipasaran, hal ini membuat geger dikanca kesenian tradisi di Jawa Barat dan nama Kabupaten Karawangpun harum, berkat suara emas soerang Yoyoh Supriatin, terdengar, terngiang selalu lantunan lagu ” Hiji Catetan “. Kemampuannya dalam menulis lagu dan melantunkan tembang kacapian itu terciptalah puluhan judul lagu dianataranya : Kembang Ros Beureum, Dasar Jodo, Serat Abdi dan yang lainnya. Banyak para akademisi seni yang datang ke rumah beliau untuk belajar dan mempelajari bagaimana memainkan kacapi tunggal dan tentang vokal sinden kacapi.

Seiring laju perkembangan zaman yang kian menggerus pamor Yoyoh Supriatin tidak lagi menjadi idola bagi penggemarnya saat usianya yang semakin renta. Penghasilan yang beliau dapatkan semasa popularitasnya dari hasil rekaman dan pentas dari panggung ke panggung sudah berkurang dan bahkan nyaris habis tidak tersisa, hanya lagu-lagunya saja yang melegenda menemani kesepiannya. Kini Yoyoh Supriatin tinggal disebuah rumah milik kakaknya yang sudah meninggal dunia yang terletak di Kampung Sumur bandung Desa Dawuan tengah Kecamatan Cikampek Karawang. Rumah yang berdiri diatas tanah yang tak bertuan peninggalan Belanda yang kondisi sangat memprihatinkan, genting atapnya bocor, tihangnyapun mulai rapuh dimakan rayap. Yoyoh tetap semangat walaupun hidupnya sebatang kara hanya berkawan senandungnya yang kian menggeletar. Suara emasnya tak pernah hilang tetap merdu terdengar ditelinga para pecinta lagu-lagu kacapi karena sesekali ada yang memanggil dalam pentas Cacarekanan atau Ijab Kobul dalam hajatan atau acara kecil-kecilan dengan bayaran yang lumayan untuk sekedar menyambung hidup.

Setelah acara penobatan wanita Inspiratif Award 2019 selesai, Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana berjanji akan membangunkan rumah yang layak huni untuk Ibunda Yoyoh Supriatin, kemudian Bupati pun memerintahkan kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan H. Okih Hermawan, S.Sos, MM, untuk segera menulusuri keberadaan rumah Yoyoh Supriatin tersebut. (red)

Category: Budpar, Karawang
No Response

Leave a reply "Bupati Cellica Berencana Bangun Rumah Sang Maestro Sinden"