Sekolah Negeri Favorit Kekurangan Ratusan Siswa

Karawang, KTD- Fenomena menarik terjadi dalam dunia pendidikan di Karawang. Setelah membuka pendaftaran siswa baru melalui sistem PPDB daring, sejumlah sekolah negeri favorit di daerah, justru mengalami kekurangan siswa. Bahkan jumlahnya sampai ratusan. Contohnya saja di Kecamatan Cilamaya Wetan.

Eka Darma, Panitia PPDB SMKN 1 Cilamaya, mengatakan, pihaknya mengajukan kuota 396 siswa untuk PPDB tahun ini, namun sampai penutupan 22 Juni kemarin, hanya mampu menerima siswa kurang dari 300 orang.  Dua rombongan belajar yang berasal dari kompetensi keahlian Agribisnis Perikanan Air Tawar dan Pengolahan Hasil Perikanan sampai sepi peminat.

“Fenomena sekolah negeri kekurangan siswa terjadi salah satunya karena sistim promosi sekolah swasta lebih gencar dilakukan. Pihak sekolah bahkan membuka pendaftaran lebih awal jauh sebelum siswa SMP melaksanan UNBK,” ungkap Eka saat diwawancarai, Rabu (26/6/2019) pagi.

Selain itu, lanjut dia, dari survei yang telah dilakukan, sebagian besar calon siswa lebih tertarik untuk memilih masuk kompetensi keahlian di Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Otomotif dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), dibanding perikanan.

Senada,  Operator SMKN 1 Cilamaya, Syarief Samsul Rijal mengatakan, minimnya siswa masuk sekolah negeri, karena kebanyakan masyarakat masih kurang pemahaman soal kompetensi keahlian.

“Jangankan di SMK Negeri, di sekolah swasta saja, kompetensi keahlian atau jurusan lebih dominan masuk ke Otomotif, TKJ dan teknik lainnya. Padahal, di SMK juga ada jurusan agribisnis perikanan dan hasil pengolahan perikanan yang sebenarnya banyak mencetak peluang produksi maupun wirausahawan,” kata Syarief.

Disamping itu, ia melanjutkan, beberapa sekolah lainnya seolah tidak peduli dengan pemahaman pemerataan siswa. Sekolah negeri   terbatas persoalan sosialisasi tahapan, proses dan sistem PPDB.  Sementara sekolah swasta lebih bisa berekspresi menggelar kegiatan promosi PPDB dan daya tawar kualitasnya.

"Swasta lebih banyak promosinya, kalau Negeri itu lebih banyak sosialisasi tahapan, sistem dan prosedur PPDB, jadi jarang ada kesempatan memberi daya tawar, " pungkasnya. (red)

 

 

 

Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Sekolah Negeri Favorit Kekurangan Ratusan Siswa"