Luar Biasa, KKN Mahasiswa UBP Gelar Empat Program Sebulan Penuh

Karawang, KTD- Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang di Kelurahan Adiarsa Barat telah berhasil menjalankan sejumlah program yang dicanangkan oleh pihak kampus, salah satunya mengenai Citarum Harum. Ketua KKN Tematik Citarum Harum, Alif Nuryadi menyampaikan, program kerja yang dilaksanakan selama satu bulan penuh  mencakup 4 aspek yaitu Kesehatan, Lingkungan, Pendidikan dan ekonomi.

“KKN tematik Citarum harum dibimbing oleh Dosen Tridays Repelita Universitas Buana Perjuangan Karawang. Kami memberikan  edukasi lingkungan serta melakukan penghijauan di daerah sekitar aliran sungai dan pembuatan taman di daerah Rengascondong Adiarsa Barat bersama warga sekitar dan didampingi Personil TNI Abdurohman selaku BABINSA Kelurahan Adiarsa Barat,” ungkap Alif saat diwawancarai, Senin (22/7/2019) pagi.

Alif menjelaskan, target pertama kegiatan tersebut diawali dari pembersihan tanah bekas pengerukan sungai. Terlihat tumpukan sampah rumah tangga berserakan dengan lahan terbuka yang banyak ditumbuhi oleh tumbuhan liar, sehingga lahan tersebut tidak bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Setelah melakukan Koordinasi dan sosialisai dengan Ketua RT dan Tokoh masyarakat setempat,Program Studi Sistem Informasi selaku Koordinator Lapangan melakukan survey lokasi dan mengajukan proposal pembuatan taman dan merencanakan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan di daerah tersebut. Kami melakukan pembersihan lahan tersebut dari tumbuhan liar dan harus terbebas dari sampah terlebih dahulu, lalu lahan tersebut dijadikan sebagai lahan terbuka untuk Masyarakat Rengascondong yang tujuannya dapat dimanfaatkan sebagai kegiatan kemasyarakatan, menghidupkan ekonomi dan menjadi tempat bermain yang ramah untuk anak anak sekitar,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Alif, kelompoknya juga melakukan penanaman bibit pohon bersama warga Kampung Utama RT. 02 RW. 21 Kelurahan Adiarsa Barat. Tahapan kegiatannya meliputi Kerja bakti pembersihan daerah aliran sungai dan Penanaman bibit Pohon Mahoni, Trembesit dan jenis pohon lainnya. Kegiatan ini bertujuan agar lingkungan tepi sungai memiliki tanah yang kuat sehingga terhindar dari Abrasi dan menguatkan permukaaan tanah.

“Selain melakukan penghijauan Daerah Aliran Sungai Citarum, kami pun juga melakukan program kerja pendukung seperti edukasi ke Sekolah, mengikuti kegiatan posyandu, menghidupkan UKM masyarakat, serta beberapa kegiatan pengabdian lainnya yang masih berlangsung sampai dengan saat ini dengan harapan semoga segala bentuk dapat bermanfaat bagi masyarakat dan Lingkungan aliran sungai menjadi bersih, Hijau dan terhindar dari sampah,” tutupnya. (red)

Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Luar Biasa, KKN Mahasiswa UBP Gelar Empat Program Sebulan Penuh"