Insiden Kebocoran Minyak Pertamina, Pemkab Tutup Sementara Lokasi Wisata Pantai

Karawang, KTD- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang akan menutup sementara sejumlah tempat wisata pantai yang terdampak kebocoran limbah minyak Pertamina.

"Kami putuskan menutup sementara tempat-tempat wisata pantai karena air laut tercemar kandungan minyak, dan itu tergolong berbahaya. Jadi kalau ada wisatawan berenang di situ (pantai), khawatir gatal-gatal," kata Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana usai meninjau lokasi terdampak kebocoran minyak belum lama ini.

Berdasarkan hasil peninjauan, limbah minyak mentah mengotori sejumlah pantai di Karawang hingga Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Beberapa pantai di Karawang yang terdampak di antaranya Pantai Tanjungpakis, Pantai Sedari, Pantai Pisangan, Samudera Baru, Pantai Pelangi.

"Baru akan dibuka ketika pantai sudah benar-benar bersih," kata Cellica. Cellica mengaku khawatir tumpahan oil spill tersebut berdampak pada kesehatan masyarakat. Oleh karenanya, ia meminta Pertamina memberikan kompensasi bagi warganya yang terdampak, termasuk soal kesehatan dan kebutuhan air bersih.

Kepala Desa Cemarajaya Yong Lim Supardi mengimbau masyarakat untuk tenang dan tidak khawatir berlebihan atas insiden kebocoran minyak mentah tersebut. Ceceran limbah minyak tersebut  diketahui mengotori sepanjang tujuh kilometer pantai di Desa Cemarajaya, termasuk Pantai Pisangan.

"Kami akan tangani secepatnya dan bersihkan pantai ini supaya wisatawan kembali ke sini," tutur Yonglim. (red/net)

 

 

Category: Karawang, Peristiwa
No Response

Leave a reply "Insiden Kebocoran Minyak Pertamina, Pemkab Tutup Sementara Lokasi Wisata Pantai"