601 Warga Binaan Lapas Karawang Menerima Remisi Hari Kemerdekaan

 

Karawang, KTD- Sebanyak 601 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Klas II (Dua) A Karawang menerima remisi umum pada momen Hari Ulang Tahun (HUT) Ke – 74 Republik Indonesia (RI), Sabtu (17/8/2019) pagi.

Kepala Lapas Karawang, Iskandari Irianto Basuki mengungkapkan, warga binaan yang mendapatkan remisi dianggap telah memenuhi syarat, baik secara persyaratan administratif dan subtantif agar mendapatkan remisi. Mereka diberikan remisi yang bervariatif dari mulai satu bulan hingga enam bulan.

“Mereka mendapatkan remisi karena sudah menjalani hukuman dan selama itu berkelakuan baik. Untuk yang remisi bebas, karena masa sisa tahanan sisa satu bulan sampai enam bulan lagi,” ungkap Iskandar.

Sementara Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana dalam pembacaan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI menyatakan, sejalan dengan perayaan HUT RI,  pemerintah memberikan apresiasi terhadap warga binaan pemasyarakatan yang telah mengikuti pembinaan dengan baik melalui remisi. Remisi ini sendiri merupakan hak mendapatkan pengurangan masa menjalani yang telah diatur secara legal formal dalam.pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang pemasyarakatan.

“Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi pencapaian perbaikan diri yang tercermin dari sikap dan prilaku sehari-hari. Pemberian remisi yang telah diatur oleh Peraturan Menteri Nomor 3 Tahun 2018 memiliki mekanisme yang sangat transparan dan sudah berbasis sistem yang mendayagunakan teknologi informasi,” jelasnya.

Untuk diketahui, terdapat 601 orang narapidana atau warga binaan yang mendapatkan remisi umum yang 14 orang diantaranya mendapatkan remisi bebas, terdiri dari 13 orang remisi umum (RU-II) dan 1 orang melaksanakan PB dari 601 yang mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan. (red)

 

Category: Peristiwa, Peristiwa
No Response

Leave a reply "601 Warga Binaan Lapas Karawang Menerima Remisi Hari Kemerdekaan"