Waktu Tempuh KA Jakarta-Bandung Bakal Lebih Cepat Mulai 1 Oktober

 

Karawang, KTD- PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI terus meningkatkan pelayanan memasuki usianya yang ke-74 tahun. Momen ini ditandai dengan peluncuran kereta api (KA) Argo Parahyangan Excellence jurusan Bandung-Jakarta dan sebaliknya.
KA Argo Parahyangan Excellence memiliki perbedaan dengan KA Argo Parahyangan reguler. KA ini memiliki kecepatan tinggi sehingga waktu tempuh yang dibutuhkan kereta untuk sampai dari Bandung ke Jakarta atau Jakarta-Bandung lebih singkat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah ingin menjadikan kereta api menjadi transportasi yang diminati masyarakat untuk mobilisasi. Sehingga, inovasi dalam pelayanan terus dihadirkan sebagai cara memikat masyarakat.

"Indonesia ingin menjadikan kereta api angkutan utama baik di perkotaan maupun antar kota. Oleh karenanya kita harus terus meningkatkan kualitas karena ekspektasi masyarakat pada kereta api tinggi sekali," ujar Budi usai di Pusdiklat KAI, Bandung, Sabtu (28/9/2019).

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan waktu tempuh KA Argo Parahyangan Excellence Jakarta Bandung atau sebaliknya hanya 2 jam 50 menit dibandingkan KA Reguler yang memakan waktu 3,5 jam. Rencananya mulai beroperasi 1 Oktober 2019.

"Tarifnya untuk kelas eksekutif Rp 150 ribu, sedangkan kelas premium Rp 110 ribu," jelas Edi di tempat yang sama.

Menurutnya untuk jadwal pemberangkatan, dari Bandung menuju Gambir pada pukul 04.30 WIB dan diperkirakan tiba di Jakarta pada 07.20 WIB. Kapasitas penumpang kelas eksekutif 200 tempat duduk dan premium 320 tempat duduk.

Sedangkan untuk KA dari Jakarta menuju Bandung jadwal berangkat pukul 17.12 WIB dan sampai di Bandung sekitar pukul 20.02 WIB. Seluruh KA Argo Parahyangan Excellence yang menuju Bandung hanya ada kelas eksekutif sebanyak 400 kursi.

"Dengan adanya dua KA Argo Parahyangan Excellent ini, total KAI mengoperasikan 34 jadwal KA Argo Parahyangan," ujar Edi. (red)

Category: Ekbis, Karawang
No Response

Leave a reply "Waktu Tempuh KA Jakarta-Bandung Bakal Lebih Cepat Mulai 1 Oktober"