Program Karawang Cerdas 2019 Resmi Diluncurkan, Ada Enam Ribu Penerima Beasiswa

 

Karawang, KTD- Program beasiswa Karawang Cerdas resmi diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang‎. Peluncuran program Karawang Cerdas ini langsung dilakukan oleh Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana di Lantai 3 Gedung Gramedia, Kawasan Galuh Mas, Karawang. Selasa (12/10/2019).

Program Karawang Cerdas di tahun 2019 membantu 5.174 pelajar tingkat SMA/SMK dan 409 mahasiswa. Beasiswa tersebut diberikan kepada para siswa dan mahasiswa yang berprestasi dan juga menyasar bagi yang tidak mampu.

Pemberian bantuan tidak langsung diberikan ke sekolah. Namun langsung kepada siswa dan mahasiswa melalui simpanan pelajar (Simpel) dengan menggunakan rekening dari Bank BJB. Adapun besaran beasiswa yang didapat oleh siswa SMK/SMA sebesar Rp.1,4 juta. Sementara, mahasiswa mendapatkan Rp. 12 juta per tahun.

Sementara, mekanisme pemberian beasiswa untuk pelajar SMA/SMK berdasarkan usulan dari masing-masing sekolah. Sementara, bagi mahasiswa diwajibkan untuk mendaftar melalui online, dengan menyertakan surat keterangan dari perguruan tinggi. "Setelah itu melalui proses verifikasi," kata Bupati.

Dijelaskan Bupati, syarat mutlak untuk mendapatkan beasiswa adalah kelahiran Kabupaten Karawang. Sementara untuk mahasiswa wajib memiliki nilai standar IPK yang tinggi. Bupati Cellica mengaku senang dan bangga dengan antusiasme tinggi para mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa.

"Ada yang protes, nilai IPKnya 3,25 tapi tidak lolos verifikasi. Bukan karena itu, tapi kalah saing. Rata-rata penerima itu IPKnya 3,5. Artinya bahwa mahasiswa asal Karawang ini luar biasa cerdas-cerdasnya," kata Bupati.

Bupati berpesan agar para penerima beasiswa bisa memanfaatkan dengan baik bantuan beasiswa melalui program beasiswa Karawang Cerdas. "Harapannya jelas. Supaya semakin semangat mencari ilmu," kata Bupati. (red)

 

Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Program Karawang Cerdas 2019 Resmi Diluncurkan, Ada Enam Ribu Penerima Beasiswa"