Tinjau Lokasi Banjir di Karawang, Ridwan Kamil Beri Bantuan 1 Miliar

Karawang, KTD- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ditemani istri, Atalia Praratya meninjau langsung pengungsian korban banjir di Karangligar, Telukjambe, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (4/1/2020). Ridwan dan Atalia menyerahkan langsung sejumlah bantuan.

Kedatangan orang nomor satu di Jawa Barat itu mendapat sambutan antusias dari pengungsi yang masih bertahan. Pria yang akrab disapa Kang Emil dan istri berdialog dengan warga. Bahkan mereka ikut menghibur anak-anak korban pengungsian dengan memberi permen.

Mereka menyerahkan sejumlah bantuan. Setelah itu Kang Emil yang mengenakan jaket hijau bersama istri naik motor untuk menuju lokasi banjir.

Di sana kang Emil memantau rumah-rumah warga yang masih terendam air sekitar 50 sentimeter. Dari hasil pantauan, Ridwan Kamil mengajak semua pihak berdoa supaya banjir cepat surut.

“Karena hasil dialog dengan warga, mereka merasa mendapat bantuan yang cukup. Mereka hanya berharap banjir segera surut dan bisa kembali ke rumah masing-masing,” katanya.

Kang Emil memuji gerak cepat Pemkab Karawang yang segera membangun dapur umum di pengungsian serta menempatkan relawan untuk membantu pengungsi. Selain itu Ridwan mengatakan Pemprov Jabar bersama Pemkab Karawang dan Bekasi akan membangun waduk untuk mencegah banjir kembali menerjang rumah warga. Apalagi puncak musim hujan akan segera datang.

“Kami menyerahkan bantuan Rp1 miliar dulu, kalau misal kurang nanti diajukan saja untuk diambil dari dana tanggap bencana,” ucap Ridwan Kamil.

Sebelumnya, Desa Karangligar sempat terendam banjir dengan ketinggian tiga meter. Banjir diakibatkan meluapnya dua sungai, yaitu Sungai Citarum dan Cibeet.

Meski di wilayah tersebut sudah mulai surut, namun warga mengaku khawatir jika terjadi banjir susulan. Karena intensitas curah hujan di wilayah Karawang masih tinggi. (red)

Category: Peristiwa, Peristiwa
No Response

Leave a reply "Tinjau Lokasi Banjir di Karawang, Ridwan Kamil Beri Bantuan 1 Miliar"