SMAN 1 Karawang Gelar Peringatan Bahasa Ibu Internasional

 

Karawang, KTD- Dalam rangka memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional dan juga berdasarkan surat himbauan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, SMAN 1 Karawang menggelar kegiatan Peringatan Hari Ibu Internasional yang digelar di sekolah, Jumat (21/2/2020) pagi.

Perlu diketahui, Hari bahasa ibu internasional adalah peringatan tahunan yang di selenggarakan di seluruh dunia, untuk mempromosikan perdamaian, kesadaran linguistik, keanekaragaman budaya dan multi bahasa. Organisasi PBB UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) menetapkan tanggal 21 Februari sebagai Hari bahasa ibu internasional.

Kepala SMAN 1 Karawang, Dwi Setyono menuturkan kegiatan tersebut diselenggarakan berdasarkan himbauan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang menginstruksikan sekolah-sekolah untuk melaksanakan kegiatan peringatan hari bahasa ibu internasional.

"Sesuai dengan himbauan Disdik Jabar dan UNESCO ada tanggal yang harus diperingati untuk kembali mengingat bahasa ibu ketika pertama kali lahir," ungkap Dwi saat diwawancarai di ruanganya.

Lebih lanjut Dwi menerangkan, dalam pelaksanaanya, acara peringatan tersebut diisi berbagai kegiatan yang berkaitan dengan adat sunda.

“Para siswa mulai dari kelas 10 sampai kelas 12 dan guru diwajibkan mengenakan baju daerah, dalam hal ini mereka memakai pakaian adat sunda. Tadi pagi penyelenggaraan ini diawali dengan apel pagi. Ada balas pantun Sunda dan pagelaran kesenian dari siswa dan guru juga," ujar Dwi.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan basa indung internasional ini, para siswa bisa belajar bahasa sunda dengan baik dan juga bisa mempertahankan eksistensi budaya dan adat sunda yang perlahan mulai tergerus akibat arus globalisasi. (red)

 

 

Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "SMAN 1 Karawang Gelar Peringatan Bahasa Ibu Internasional"