Karawang, KTD- Minggu ini Rumah Sakit Paru di Jatisari Karawang sudah siap menerima rujukan PDP (Pasien Dalam Pengawasan). Berdasarkan rancangan awal, rumah sakit ini mampu menampung sampai 70 PDP.

Rumah sakit ini punya fasilitas 38 ruang isolasi, dan 70 ruang perawatan.

Dalam rapat evaluasi dan penerapan strategi pencegahan wabah virus Covid-19 yang dipimpin Sekretaris Daerah Karawang Acep Jamhuri, di ruang rapat lantai 3 Gedung Singaperbangsa Karawang, Senin (23/2), Rumah Sakit Paru nantinya akan dibantu oleh tenaga medis dari IDI (Ikatan Dokter Indonesia).

“Teman-teman dari IDI ikut berkontribusidan berperan, tenaga medis sudah siap, APD (Alat Pelindung Diri) sudah siap, perawat siap, dokter spesialis parunya juga sudah siap,” kata Sekretaris Daerah Karawang Acep Jamhuri.

Pernyataan Sekda diamini oleh Kepala Dinas Kesehatan Karawang dr. Nurdin Hidayat.

“Jadi bupati sudah mencanangkan minggu ini harus siap. Tentu saja Dinkes harus memfasilitasi semuanya karena izin operasional sudah keluar. Tinggal bagaimana caranya menyiapkan personel dan sebagainya karena perlu waktu satu dua hari. Nanti kami evaluasi,” kata Nurdin.

Karena masih terbatas, rumah sakit ini hanya menampung PDP dari lingkup Kabupaten Karawang. “Pasien yang benar-benar kena Covid-19 itu nanti dirujuk ke provinsi,” sambungnya.

“Personel siap, peralatan juga sudah lengkap. Dokter spesialis paru, spesialis penyakit dalam, dan spesialis radiologi juga sudah ada,” tutupnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here