Di Tengah Pandemi, Pelajar SMP Tempuh UN Daring di Rumah

Karawang, KTD- Di tengah pandemi covid-19 seperti sekarang ini, memaksa pelajar SMP di Karawang menggelar Ujian Nasional (UN) berbasis daring (online) di rumah masing masing. UN berbasis daring tersebut seharusnya digelar minggu lalu karena adanya sejumlah kendala. UN baru bisa digelar, Senin (20/4/2020) pagi ini. Sementara meski berjalan lancar, kendala ketersediaan fasilitas seperti gadget atau laptop masih dialami oleh para siswa. Mereka terpaksa harus mengerjakan soal UN di siang harinya dengan meminjam laptop teman ataupun tetangganya.

Sejak pagi tadi admin dari SMPN 1 Karawang Barat sudah mulai sibukn melakukan persiapan pembagian soal ujian yang akan dilaksanakan oleh para siswa. Melalui laptop tersebut, admin sekolah langsung membagikan soal ujian ke masing masing wali kelas murid untuk kemudian diteruskan ke tiap tiap murid yang tengah melaksanakan Ujian Nasional (UN) berbasis daring (online).

Keterangan Kepala SMPN 1 Karawang Barat, Ecan Suhendar saat diwawancarai di sekolahnya mengatakan, pelaksanaan UN daring tersebut seharusnya dilakukan minggu kemarin. Namun, kata Ecan, karena ada perubahan format soal menjadi lembaran soal, pihak sekolah akhirnya mengubah terlebih dahulu format soal tersebut menjadi google foam agar bisa dibagikan secara online kepada siswa.
"Hari pertama pelaksanaan alhamdulillah terlaksana dengan lancar tanpa kendala," ungkap Ecan.

Meski demikian, ia mengakui bahwa UN berbasis daring yang diikuti 515 siswa itu terkendala dengan ketersediaan fasilitas. Tidak semua siswanya memiliki gadget berupa handphone android atau laptop.

"Kami berupaya mensiasatinya dengan cara memberikan toleransi kepada siswa siswi yang tidak memiliki peralatan dengan mengikuti ujian susulan siang nanti, dengan cara meminjam handphone atau laptop milik teman ataupun tetangganya," kata dia.

Masih dikatakanya, ujian nasional berbasil online tersebut rencananya akan digelar selama satu minggu. Namun di tanggal 24 dan 25 ujian akan diliburkan karena menyambut libur ramadhan.

"Untuk hari ini ada dua mata pelajaran yang diujikan, yaitu Pendidikan Agama dan Bahasa Indonesia," ujarnya.
Pihak sekolah, lanjut dia, bisa terlaksana dengan tertib dan lancar. Selain itu, ia mengharapkan kejujuran para siswa dalam mengerjakan soal ujian.
"Adapun penilaian hasil ujian bisa langsung diberikan usai siswa menyelesaikan soal soal tersebut," tutupnya. (red)

Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Di Tengah Pandemi, Pelajar SMP Tempuh UN Daring di Rumah"