Sejumlah Pemudik Lolos Pemeriksaan Petugas, Alasanya Macam-Macam

 

Karawang, KTD- Penyekatan untuk menghalau pemudik terus dilakukan petugas di sejumlah titik, mulai dari wilayah Bekasi hingga Karawang. Namun banyak pemudik yang lolos dari penyekatan dan pemeriksaan petugas.
Banyak cara yang dilakukan pemudik untuk dapat lolos, seperti mengeluhkan tidak memiliki penghasilan sehingga tidak ada biaya untuk hidup, serta berdalih akan pulang kampung dan tidak kembali lagi ke tempat asal.

Takim pemudik asal Bekasi Utara yang akan pulang kampung ke wilayah Pemalang, Jawa Tengah. Ia berangkat sejak pukul 05.00 WIB dan baru sampai di wilayah perbatasan Karawang-Subang pada pukul 08.00 WIB.

Ia lolos dari penyekatan meski ada petugas yang jaga. Dia beralasan akan pulang kampung dan tidak kembali lagi ke Bekasi.

"Ya gimana di sana (Bekasi) saya udah enggak memiliki penghasilan, mending pulang kampung aja ke Pemalang. Di sana saya bisa nyangkul atau apa saja, saya enggak balik lagi ke Bekasi," katar Takim yang hendak melanjutkan perjalanan mudik bersama istrinya menggunakan sepeda motor, Minggu (26/04/2020).

Hal senada dikatakan oleh Tatang Hernawan yang berprofesi sebagai tukang ojeg online. Selepas salat subuh, ia melakukan perjalanan mudik. Meski sempat di periksa namun ia lolos dari pemeriksaan.
"Ke Brebes dari Jakarta, tadi berangkat jam 5 subuh. Perjalanan lancar sudah ada petugas, soalnya tadi pas perjalanan udah dicek, alasan pulang karena enggak ada kerjaan. Saya ngojek sepi jadi pulang, soalnya kontrakan juga harus bayar di sana kita mau ngapain makan juga harus, enggak ada penghasilan," keluhnya yang sedang istirahat di sebuah minimarket.

Di hari ketiga bulan Ramadhan, banyak dimanfaatkan oleh pemudik yang terkena dampak pandemi virus Corona. Hal ini terlihat di jalur Pantura perbatasan Karawang-Subang pada pukul 08.00 WIB.

Pemudik pemotor mendominasi arus ini, bahkan terdapat pemudik dengan barang bawaan yang banyak disimpan di bagian depan dan belakang motor khas pemudik. Diperkirakan gelombang pemudik masih akan terus terjadi. (red/net)

Category: Unik
No Response

Leave a reply "Sejumlah Pemudik Lolos Pemeriksaan Petugas, Alasanya Macam-Macam"