DPPKB KARAWANG: Tunda Kehamilan Selama Pandemi COVID-19

 

Karawang, KTD-  Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga berencana (DPPKB) Karawang mengimbau pasangan suami istri menunda kehamilan selama wabah virus corona atau covid-19 .

Sebab,kehamilan selama wabah virus ini bisa menyebabkan beberapa hal ,termasuk penurunan daya tahan tubuh yang bisa mengakibatkan rentan terinfeksi virua corona .

" Kalau bisa ketika masih dalam masa pandemi virus corona ,hamil ditunda dulu .Nanti mudah-mudahan kalau masa kritis ini sudah mereda ,baru boleh-boleh saja," ucap Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Berencana (KB), Solehudin saat diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (14/6/2020) pagi.

Ia menyatakan sosialisasi terus dilakukan dinas PPKB selama kebijakan menetap dirumah ke setiap wilayah Kabupaten Karawang .

Langkah ini didorong karena Dinas PPKB mengkhawatirkan masyarakat yang sedang dalam mengandung(hamil) terpapar virus corona," Karena imun orang yang sedang hamil itu lemah,sehingga sangat rentan terpapar virus corona ," imbuhnya.

" Ingat hamil muda itu rawan banyak keluhan,daya tahan tubuh saat hamil bisa menurun .Ibu-ibu bisa mual dan muntah .Untuk itu mending tahan dulu .
Kalau bisa saat melakukan hubungan seksual harus melalui alat atau metode kontrasepsi pil atau kondom. Tetapi yang sudah mempunyai anak 2 atau 3 diharapkan tidak lagi menambah anak atau hamil . Dan diharapkan memakai kontrasepsi motode jangka panjang seperti IUD atau implan,"jelasnya.

Sementara ,kenaikan angka kehamilan selama pandemi virus corona capai 1 sampai 2 persen ,"Kenaikan angka kehamilan saat ini wajar-wajar saja ," tutupnya. (red1)

 

Category: Karawang, KesehatanTags:
No Response

Leave a reply "DPPKB KARAWANG: Tunda Kehamilan Selama Pandemi COVID-19"