Digelar Sederhana, Berikut Ini Serba Serbi Perayaan HUT ke-387 Karawang

 

 

Karawang, KTD- Kabupaten Karawang kini telah memasuki usia ke-387 tahun. Senin, (14/9/2020) pagi kemarin, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang menggelar upacara sederhana di Halaman Plaza Pemda Karawang. Upacara peringatan HUT Karawang kali ini digelar  secara sederhana ditengah pandemi covid-19. Para peserta serta undangan jumlahnya dibatasi. Seluruhnya diwajibkan mengikuti protokol kesehatan guna memutus rantai Virus Corona (Covid-19).

Meski digelar sederhana, pelaksanaan upacara HUT tersebut tetap berlangsung khidmat dan meriah. Berikut ini serba serbi peringatan HUT Karawang ke-387 yang dirangkum oleh Karawangtoday.com.

 

  1. Pentas Kolosal Sendra Tari

Upacara dibuka dengan pementasan memukau sendra tari kolosal dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang dengan judul "Titimangsa Ngadegna Jagad Karawang". Sendra tari tersebut bercerita soal muasal sejarah Karawang. Para pemainya mementaskanya dengan sangat energik dan menjiwai ditambah dengan pembacaan narasi bahasa Jawa Cilamaya.

2. Pembacaan Puisi "Aing Karawang" oleh Sekda Acep Jamhuri

Penampilan tak kalah memukau juga ditunjukan oleh Sekda Karawang, Acep Jamhuri yang membacakan puisi "Yeuh Aing Karawang" karya Abah Sarjang. Dengan berapi-api, puisi ini memberi pesan penegasan bahwa kecintaan terhadap daerah harus diikuti dengan tanggung jawab membangun daerah itu sendiri. Itulah bentuk makna cinta yang sesungguhnya.

Di hadapan peserta dan undangan upacara, Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana menyampaikan pada bahwa tahun ini peringatan HUT Kabupaten Karawang mengambil tema Rempug Jukung Sabilulungan Ngawangun Kota Pangkal Perjuangan.

"Terdapat makna yang tersirat dalam tema tersebut yakni sebuah semangat agar semua pihak saling bersinergi membangun Kabupaten Karawang ke depan lebih baik lagi," kata Bupati.

Bupati juga menegaskan bahwa Kabupaten Karawang telah banyak mengalami perubahan yang sangat signifikan di berbagai aspek. Untuk menjadi Kabupaten yang lebih baik lagi, lanjut dia, dibutuhkan kerja keras dan kerja sama dalam membangun Kabupaten Karawang.

“Seiring perjalanan panjang yang telah dilalui selama 387 tahun Kabupaten Karawang telah mengalami perubahan yang sangat signifikan. Bersyukur kepada Yang Maha Kuasa Allah SWT selama perjalanan kami menahkodai Kabupaten Karawang, alhamdulillah dari pelbagai pelaksanaan program program pembangunan daerah secara umum telah berada pada jalur yang tepat. Meskipun masih terdapat sejumlah persoalan yang menuntut perhatian bersama untuk diselesaikan namun juga patut disyukuri, adanya keberhasilan pembangunan yang telah kita capai untuk Karawang tercinta dapat menjadi seperti sekarang ini," papar Bupati.

Bupati melanjutkan, dari hasil ikhtiar bersama dan dengan dukungan seluruh elemen masyarakat Karawang, secara bertahap Kabupaten Karawang bisa berdiri tegak. Di segala aspek pembangunan, Kabupaten Karawang berkembang pesat.

"Mulai pertumbuhan ekonominya, penurunan angka kemiskinan dan peningkatan IPM hingga pembangunan infrastrukturnya, Kabupaten Karawang kini menjadi daerah yang cukup mandiri dan sejajar dengan daerah daerah maju lainnya," tuturnya. (red)

 

 

 

Category: Karawang, Pemerintahan
No Response

Leave a reply "Digelar Sederhana, Berikut Ini Serba Serbi Perayaan HUT ke-387 Karawang"