Puluhan Mobil Dinas Diuji Emisi

0 1037
Mobil yang lolos uji petik emisi ditandai oleh stiker

Mobil lolos uji petik emisi ditandai stiker oleh perugas. (Yuda)

Karawang, KTD- Pembakaran kendaraan bermotor pada umumnya berdampak negatif terhadap lingkungan khususnya kehidupan manusia di bumi. Oleh karena itu, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Karawang melakukan  uji petik emisi kendaraan bermotor di halaman kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Karawang, Jum’at (6/6/14) siang.

Sekertaris BPLH Karawang,  Wawan mengatakan, hasil pembakaran kendaraan yang disebut dengan emisi gas dapat merusak lingkungan baik itu tanaman, air dan hewan maupun kehidupan manusia sendiri dengan timbulnya berbagai penyakit.

“Kegiatan ini juga merupakan rangkaian hari lingkungan hidup sedunia dan seluruh mobil dinas yang lulus uji emisi akan ditandai dengan stiker lulus uji emisi.  Saat ini  sekitar  50 kendaraan roda empat di lingkungan Pemkab Karawang  sudah diuji,” ujarnya, kepada Karawangtoday.com

Sementara itu,  Rangga Febriana, petugas teknis uji petik emisi kendaraan bermotor menjelaskan, ambang batas gas buang kendaraan bermotor sudah ditetapkan oleh Keputusan Menteri  Lingkungan Hidup nomor 5 tahun 2008.

“Dengan alat tester, karbon dioksida  dapat  kita ketahui  hasilnya. Rata- rata untuk mobil berumur diatas tahun 2007 itu dipastikan lolos uji emisi . Sedang  mobil- mobil tua jarang  lolos uji emisi,” ungkapnya. (yfs)

Category: Karawang, PeristiwaTags:
No Response

Leave a reply "Puluhan Mobil Dinas Diuji Emisi"