BPLH Karawang Temukan Enam Poin Dugaan Pencemaran oleh PT. Mondelez International

 

Anggota Tipidter Polres Karawang, saat mengindentifikasi limbah B3 di saluran drainase yang berada di dalam perusahaan.

Anggota Tipidter Polres Karawang, saat mengindentifikasi limbah B3 di saluran drainase yang berada di dalam perusahaan.

Karawang, KTD- Terkait adanya laporan warga Desa Walahar, Kecamatan Klari tentang adanya gelontoran Limbah Beracun dan Berbahaya (B3) yang dilakukan oleh PT. Mondelez Internasional melalui Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) ke sungai citarum ke BPLH Karawang.

Maka pada Senin, (9/6/14) BPLH Karawang beserta Unit Tindak Pidana Tertentu Polres Karawang, melakukan Sidak ke Perusahaan tersebut.

Hasil Inspeksi Mendadak  (sidak) Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) dan Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Polisi Resort Karawang,  menemukan enam poin potensi dugaan pencemaran oleh PT. Mondelez International.

6 poin tersebut antara lain, Pertama:  Terdapat air limbah dari outlet IPAL dialirkan langsung menuju sungai melalui saluran tertutup,  kedua:  Terdapat pencucian palet yang air limbahnya dialirkan ke IPAL (Berdasarkan Instalasi IPAL yang terlihat), Kemudian  ketiga: Sejak tanggal 28 Mei 2014, posisi meter air limbah pada angka 02001, hingga saat ini tidak ada perubahan.

Selanjutnya Poin keempat:  Terdapat  tempat turun material barang (un loading),  ada kegiatan pencucian ceceran yang airnya langsung dibuang ke saluran drainase.   Kelima:  Aliran air dari pencucian palet ke IPAL dalam keadaan macet atau tidak mengalir atau tersumbat.  Dan  keenam:  Ada kesamaan (secara fisik atau visual) jenis air limbah pada saluran drainase menuju sungai dengan air limbah dari pencucian palet.

“Enam poin tersebut merupakan temuan hasil sidak di lapangan dan nantinya akan dipanggil pihak perusahaan ke BPLH untuk meverifikasi hasil tersebut dan kami juga merekomendasikan agar pihak perusahaan segera memperbaiki kekurangannya,” ujar Kepala Bidang Pengawas Dampak Lingkungan BPLH Karawang Hj. Neneng kepada karawangtoday.com. (yfs)

Category: Hukrim, KarawangTags:
No Response

Leave a reply "BPLH Karawang Temukan Enam Poin Dugaan Pencemaran oleh PT. Mondelez International"