Karawang Impikan Peroleh Adipura

0 971
Sekda Karawang, Teddy RS. (Foto; Yuda)

Sekda Karawang, Teddy RS. (Foto; Yuda)

Karawang, KTD – Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Karawang akan menggalakan gerakan kebersihan dan penghijauan pada berbagai wilayah.  Programnya, seperti dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang, Teddy RS, akan diawali dengan  meningkatkan program kebersihan dan penghijauan di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Kami saat ini akan berusaha mengejar adipura dengan menerapkan beberapa program kebersihan dan penghijauan di seluruh kantor dinas,” ujarnya, kepada karawangtoday.com.

Kantor Dinas, ujarnya, diwajibkan untuk menyediakan tempat sampah dengan 3 jenis yaitu untuk  sampah B3, organik dan non organik

Sementara itu, untuk program penghijauan, kepala bidang di seluruh OPD wajib bertanggungjawab atas keberadaan pepohonan di kantornya.

“Setiap kepala bidang  wajib merawat minimal 2 pohon dan bertanggungjawab menanam kembali apabila rusak atau mati,“ ungkapnya.

Menurut Teddy, kesadaran masyarakat untuk memelihara lingkungan perlu diawali dari  kesadaran dan sikap para Pekerja Negeri Sipil (PNS).

“Ini  menjadi hal yang sangat penting untuk menjadi perhatian kami terlebih dahulu,” tegasnya.

Diketahui,  Karawang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp800 milyar. Di Karawang juga terdapat  kawasan industri terbesar se- Asia Tenggara. Namun pada kabupaten yang awalnya sempat mendapat  julukan ‘lumbung padi’ ini, prinsip tata kepemerintahan yang baik di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup belum berjalan. Tatanan yang berkelanjutan secara ekologis, sosial dan ekonomi yang baik diharapkan bisa menciptakan lingkungan yang baik guna meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. (yfs)

 

Category: Budaya, KarawangTags:
No Response

Leave a reply "Karawang Impikan Peroleh Adipura"