Yogyakarta Kembali Promosikan Batik

0 1067

download (9)

Yogyakarta, KTD –RencanaPemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk membangun ruang pamer di Desa Wijirejo dalam membantu mempromosikan batik yang diproduksi perajin sentra kerajinan batik.

"Ruang pamer ini hanya awal saja, karena nanti akan ada kelengkapan lainnya seperti ruang untuk "workshop" guna mengenalkan batik Pandak," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Bantul, Sulistyanto usai peresmian di Bantul, Selasa (24/6).

Menurut Sulistyanto, ruang pamer batik di Kecamatan Pandak yang dibangun dengan anggaran sebesar Rp 410 juta dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bantul 2014 itu diresmikan Bupati Bantul Sri Surya Widati.

Lanjutnya, dengan diresmikannya ruang pamer batik maka saat ini di Bantul telah memiliki dua unit. Adapun ruang pamer batik yang satu terdapat di sentra batik Wukirsari Imogiri, bahkan telah dilengkapi gazebo.

"Karena orang dan datang itu, tidak hanya ingin membeli tapi ingin mengetahui proses dan cara pembuatannya sehingga ingin membuat sendiri, dan ini (ruang pamer) khusus untuk batik yang diproduksi perajin wilayah ini," ujarnya.

Dia mengatakan, ruang pamer ini juga akan menjadi jujugan wisatawan ketika ingin berbelanja batik, karena selama ini mereka harus mengunjungi rumah produksi batik atau kios yang keberadaannya menyebar di kawasan sentra.

"Untuk pengelolaannya kami serahkan ke perajin setempat agar nanti bisa dikembangkan lagi, karena untuk saat ini masih kurang memadai, jadi silahkan ke depan dikembangkan kiri kanan secara maksimal," katanya.

Apalagi, kata dia, kapasitas ruang pamer batik Pandak ini baru bisa menampung 15 perajin, sementara di sentra kerajinan ini ada 30 perajin, sehingga harapannya produk mereka semua dapat terfasilitasi untuk meningkatkan transaksi kerajinan.

"Ini memang permintaan mereka sejak lama sekitar tahun 2009, namun baru terealisasi pada 2014, sehingga harapannya bisa dimaksimalkan, dan kami siap memfasilitasi mereka sesuai yang dibutuhkan," katanya. (bbs)

Category: BudparTags:
No Response

Leave a reply "Yogyakarta Kembali Promosikan Batik"