Unik, Batu-batu Karang di Pulau Tak Berpenghuni

Gua Fingal, Scotlandia

Gua Fingal, Scotlandia

Scotlandia, KTD - Skotlandia adalah sebuah fenomena geologi yang unik dan tak ada duanya. Gua Fingal yang terletak di pulau tak berpenghuni Staffa, ini memiliki kondisi alami yang menakjubkan.

Menurut Wikipedia, gua ini adalah bagian dari National Nature Reserve yang dimiliki oleh National Trust for Scotland. Di dalamnya gua terdapat kolom-kolom basal heksagonal dalam jumlah masif yang tersusun rapi membentuk serangkaian pilar prisma segi enam penyangga interior gua.

Gua pinggir laut ini merupakan situs penting dalam legenda Celtic kuno Irlandia dan Skotlandia. Suku Celtic Uamh-Binn menyebutnya 'gua melodi'.

Legenda kuno Irlandia menyebut kalau gua ini merupakan ujung dari sebuah jembatan besar kuno yang menghubungkan Giant Causeway di Irlandia dan Skotlandia. Konon jembatan ini dibangun oleh seorang raksasa untuk mengalahkan musuhnya yang berasal dari Skotlandia.

Legenda ini tampaknya separuh benar. Sebab kedua struktur tersebut, yaitu Giant Causeway dan Gua Fingal terbentuk karena penyebab yang sama, meskipun bukan tangan raksasa. Kedua struktur tersebut terbentuk karena aliran lava dari letusan gunung berapi sekitar 60 juta tahun yang lalu dan kemudian membentuk sebuah sambungan yang secara geologis terhubung satu sama lain.

Bentuk batu-batu di sana yang menyerupai prima segi enam merupakan hasil dari retakan dan pembekuan pada permukaan atas dan bawah lava.

Bentuk batu-batu di sana yang menyerupai prima segi enam

Bentuk batu-batu di sana yang menyerupai prima segi enam

Sekarang gua ini menjadi daya tarik wisata. Banyak turis lokal maupun mancanegara yang berdatangan untuk menyaksikan sendiri fenomena alam langka tersebut. (bbs)

Category: UnikTags:
No Response

Leave a reply "Unik, Batu-batu Karang di Pulau Tak Berpenghuni"