Tips Mengatur Pola Makan Sehat Saat Bulan Ramadan  

images (8)

Karawang, KTD - Kesehatan selama bulan Ramadan harus tetap dijaga agar kita bisa lebih optimal saat menjalankan puasa, salah satu hal yang harus diperhatikan selama Ramadan adalah pola makan.

 

Menjalankan pola makan yang sehat akan membantu menjaga kesehatan selama puasa Ramadan. Sebaliknya, jika kita tak berhati-hati, makanan yang dikonsumsi saat sahur dan buka juga bisa menyebabkan masalah atau menaikkan berat badan.

Dr Razeen Mahroof dari Oxford menyarankan agar umat muslim menjalankan puasa dengan disiplin dan gaya hidup sehat. Kesempatan untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan sangat besar saat puasa Ramadan. Salah satu hal yang harus dihindari ketika berpuasa adalah makan terlalu banyak dan terlalu cepat saat berbuka.

"Makna yang ada di balik Ramadan adalah disiplin dan kontrol diri. Ini seharusnya tak rusak dengan konsumsi berlebihan saat berbuka," ungkapnya.

Diet seimbang

Dr Mahroof menyarankan untuk mengonsumsi diet yang seimbang pada saat berbuka dan sahur. Makanan yang dikonsumsi harus meliputi protein, karbohidrat, lemak, dan beberapa kelompok makanan berikut ini:

- buah dan sayuran
- roti, sereal, dan kentang
- daging, ikan, atau alternatif lainnya
- susu, dan produk susu
- makanan yang mengandung gula dan lemak

Konsumsi juga makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Makanan ini akan membantu Anda memproduksi energi secara bertahap dan stabil, sehingga Anda akan memiliki energi yang cukup selama puasa seharian. Karbohidrat kompleks bisa ditemukan gandum, lentil, dan kacang-kacangan.

Hindari makanan olahan yang mengandung karbohidrat sederhana. Makanan semacam ini cepat dibakar oleh tubuh dan membuat Anda cepat lapar. Hindari juga minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, dan minuman bersoda. Kafein menyebabkan cairan tubuh cepat hilang dan membuat Anda cepat merasa haus.

Makanan saat sahur dan berbuka

Makanan yang harus dikonsumsi saat sahur adalah makanan penuh yang mengenyangkan dan memberikan energi yang cukup selama berjam-jam ke depan saat berpuasa. Makanan yang dikonsumsi saat sahur seharusnya adalah jenis makanan yang lama dicerna tubuh seperti salad, sereal, oat, dan makanan yang memproduksi energi secara konstan.

"Sangat penting juga mengonsumsi cairan dengan vitamin seperti jus buah atau buah-buahan," ungkap Dr Mahroof, seperti dilansir oleh Ramadan.co.uk.

Sementara itu, ketika berbuka puasa mulailah dengan makan kurma. Selain disunahkan, kurma akan memberikan energi secara cepat pada tubuh. Dengan begitu Anda tak akan merasa lemas saat berbuka. Jangan langsung makan berat ketika berbuka, mulailah dengan minum air untuk memenuhi cairan tubuh.

Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari saat berbuka maupun makan sahur:

- Makanan gorengan. Makanan gorengan bisa digantikan dengan makanan yang dikukus atau direbus.
- Makanan yang mengandung terlalu banyak garam dan gula
- Makanan yang mengandung lemak tak sehat dan berminyak. Hindari menggunakan terlalu banyak minyak ketika memasak makanan.

Itulah beberapa tips untuk mengatur pola makan selama puasa agar makanan yang dikonsumsi tetap sehat dan menyehatkan. Sesuaikan pola makan Anda selama berpuasa agar puasa tetap optimal dan tubuh tetap bugar.(bbs)

 

Category: KesehatanTags:
No Response

Leave a reply "Tips Mengatur Pola Makan Sehat Saat Bulan Ramadan  "