Korban Kerusuhan 27 Juli, Dukung Prabowo Subianto

Peristiwa Kerusuhan 27 Juli 1997

Peristiwa Kerusuhan 27 Juli 1997

JAKARTA, KTD – Korban kerusuhan 27 juli (Kudatuli), dalam Pilpres tahun ini mendukung pasangan Presiden Prabowo Subinto-Hatta Rajasa. Seperti diketahui para korban kerusuhan 27 juli ini adalah para kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, kalau merujut kepada jalur partai politik seharusnya mereka mendukung pasangan capres Jokowi-Jk.

Mengenai alasan mendukung Pasangan Nomor urut 1 ini dikarenakan ada beberapa hal yang dikemukakan oleh para korban kerusuhan 27 juli ini, pertama mereka merasa didiskriminasi oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam menjalankan karier politiknya, alasan kedua  korban Kerusuhan 27 Juli (Kudatuli) karena mantan Pangdam Jaya kala peristiwa itu, Sutiyoso saat ini justru mendukung pasangan Jokowi-JK.

"Kalau dari segi hukum, Sutiyoso sudah dijadikan tersangka oleh tim koneksitas Mabes Polri, dalam berkasnya disebutkan itu. Itu mestinya sudah dilimpahkan pengadilan. Ini malah jadi tim suksesnya (Jokowi-JK). Daripada sakit hati terus, ya kita mendukung Prabowo," ucap Ketua Gerakan Pemuda 27 Juli 1996 (GP-27 Jul '96) Agus Siswantoro , di Jakarta, Senin (7/7/2014).

Masih menurut agus, kasus ini berlarut-larut, sampai dia pun mengaku  telah bolak balik melakukan aksi unjuk rasa ke Mabes Polri. Namun, pihak Mabes menyatakan bahwa berkas tersebut telah dilimpahkan ke Kejaksaan Agung (Kejagung).

"Kami sudah bolak balik demo. Katanya berkas sudah dilimpahkan ke Kejagung. Kita datangi. Dan peristiwa 27 Juli itu ada sembilan berkas, Kejagung bilang ada kekurangan berkas dari Mabes. Jadi di ping-pong, bukan sehari dua hari, bertahun-tahun. Masa penyelesaian berkas saja kok lama," jelasnya.

Mengenai isu yang menyatakan bahwa Prabowo pun melakukan tindak pelanggaran HAM dengan terbongkarnya surat Dewan Kehormatan Perwira (DKP), agus menilai itu  hanya akal-akalan politik.

"Almarhum Munir pernah mengatakan Prabowo diadili dulu baru buat DKP. Ini enggak, pengadilannya enggak ada langsung DKP saja. Ini hanya permainan elite jenderal saja yang tetap mendukung Prabowo," ungkapnya.

Menanggapi semua kasus HAM, juru bicara PDIP Eva Kusuma Sundari, justru mempertanyakan mengapa Agus justru mendukung Prabowo. "Lho kenapa dia malah mendukung Prabowo? Kalau soal kasus itu urusan penegak hukum bukan urusan PDIP," ujar Eva.  (bbs)

Category: PolitikTags:
No Response

Leave a reply "Korban Kerusuhan 27 Juli, Dukung Prabowo Subianto"