Tahun Depan Alun- alun Karawang akan Disulap Hijau

Sketsa perencanaan rehab Alun- alun Karawang

Sketsa perencanaan rehab Alun- alun Karawang. (Foto; Yuda)

Karawang, KTD-  Alun- alun Karawang, seperti dikatakan Kabid Kebersihan, Dinas Cipta Karya Karawang,  Ridwan Salam, akan  direhabilitasi total. Bahkan 90 persen ketersediaan lahan di kawasan itu akan dialokasik menjadi daerah hijau bangunan sarana dan prasarana taman.

“Kita ingin mengembalikan fungsi utamanya Alun- alun setiap kota yakni identitas kota, ekologis, rekreatif, estetis atau Keindahan,” ujar Ridwan Salam, Senin (14/7/14).

Dalam dokumen optimalisasi pengelolaan sampah untuk Adipura Dinas Cipta Karya, Kabid Kebersihan Cipta Karya Karawang, Ridwan Salam menjelaskan seputar Undang-undang Penataan Ruang nomor 26 tahun 2007 tentang  Rencana Pembangunan di Karawang. Intinya Perencanaan Tata Ruang Wilayah Kota atau Kabupaten harus memuat Rencana Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau (RTH)  dengan luas minimal 30 persen dari luas wilayah. Itu terbagi menjadi 20 persen  untuk publik dan 10 persen  private.

Bahkan menurutnya, perencanaan pembangunan di  Karawang juga termuat dalam Peraturan Daerah nomor 2 tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Karawang. Intinya mengamanatkan perlu dipenuhinya proporsi RTH yang berada di kawasan perkotaan Kabupaten Karawang. Oleh karenanya, Alun- alun Karawang yang sudah lama terbengkalai akan dibangun beberapa area seperti area pajalan kaki, bermain, olah raga terbatas. Juga  sarana RTH antara lain bangku taman, halte, penerangan taman, space informasi dan reklame serta area parkir dan kantin.

Ditambahkannya, peran masyarakat swasta dan badan hukum dalam penyediaan RTH sangat diperlukan. RTH publik tersebut meliputi penyediaan lahan, pembangunan dan pemeliharaan RTHberupa pembiayai pemeliharaan RTH publik, pengawasan  pemanfaatan RTH publik. Juga  memberikan penyuluhan tentang peranan RTH publik dalam peningkatan kualitas dan keamanan lingkungan, sarana interaksi sosial serta mitigasi bencana. (yfs)

Category: Karawang, PemerintahanTags:
No Response

Leave a reply "Tahun Depan Alun- alun Karawang akan Disulap Hijau"