Jelang Lebaran Masyarakat Harus Mampu Mempolisikan Diri

sukirno

Kapolsek Karawang Kota, Kompol Soekirno. (Foto; Athar)

Karawang, KTD-  Tingginya intensitas aksi kejahatan menjelang datangnya hari raya Idul Fitri, mendapat perhatian khusus dari Kapolsek Karawang Kota, Kompol Soekirno. Kapolsek menghimbau kepada seluruh masyarakat Karawang, khususnya yang tinggal di wilayah hukum Polsek Karwang Kota, agar selalu waspada terhadap aksi para pelaku kejahatan.

"Biasanya jelang lebaran ini para pelaku kejahatan nekad beraksi," ujar Kapolsek Kompol Soekirno,  di ruang kerjanya, Senin (14/7/14).

Menurut Kapolsek, berdasarkan pengalaman dan data yang masuk ke kantornya, di tahun sebelumnya, para pelaku bisa dikatakan semakin nekad dalam melakukan aksinya menjelang H-7 Lebaran. Biasanya, lanjut Kapolsek, pelaku sering memanfaatkan situasi disaat korban lengah karena lelah setelah berbelanja atau mengambil uang dari bank untuk persiapan lebaran.

 "Intinya masyarakat harus mampu mempolisikan diri, artinya mengamankan dan menertibkan diri sendiri serta waspada terhadap ancaman kejahatan," jelasnya.

Modus kejahatan yang kerap terjadi, tambah Kapolsek, rata-rata aksi kejahatan didominasi oleh pelaku Curat, Curas,bahkan Curanmor. Untuk itu, dirinya menghimbau kepada masyarakat agar selalu meminta pengawalan apabila hendak mengambil uang dalam jumlah besar ataupun barang berharga yang bisa mengundang aksi kejahatan.

"Pencurian dengan pemberatan (curat) biasanya menjadi primadona disaat musim mudik nanti," ungkap Kapolsek.

Maka dari itu, saran Kapolsek, jika hendak meninggalkan rumah dalam waktu yang lama saat mudik, pemilik rumah harus mengunci rapat jika perlu memasang alarm bahkan CCTV. Meski demikian pihak kepolisian khususnya Polsek Karawang Kota akan tetap melakukan pengamanan dan patroli ke setiap wilayah komplek perumahan maupun perkampungan yang mayoritas penduduknya mudik lebaran. Hal itu, dilakukannya agar masyarakat Karawang bisa tenang saat meninggalkan rumahnya saat mudik.

"Polsek berjanji akan tetap siaga dan mengerahkan kemampuan anggotanya untuk melakukan patroli rutin, khususnya di pemukiman warga yang ditinggal penghuninya sebeum dan saat lebaran," pungkasnya. (adt)

Category: Hukrim, KarawangTags:
No Response

Leave a reply "Jelang Lebaran Masyarakat Harus Mampu Mempolisikan Diri"