Eksotisme Gua Muara di Kutatandingan Jadi Daya Tarik Dikunjungi

kotatandingan

Gua Muara di Desa Kutatandingan Kecamatan Ciampel, Karawang, diminati banyak pengunjung. (Foto; Yuda)

Karawang, KTD- Eksotisme gua di kawasan karst sepanjang Kecamatan Pangkalan dan Kecamatan Ciampel, Karawang menarik minat wisatawan. Salah satu gua yang ramai dikunjungi warga adalah Gua Muara. Bahkan sejumlah pengunjung memanfaatkan Gua Muara sebagai tempat bersemedi atau berdoa.

“Gua Muara banyak yang mengunjungi. Ada yang sekedar melihat-lihat, ada juga tawasulan, berdo'a di dalam gua. Mereka meminta keberkahan kepada leluhur," ujar Ahmad (45) kepada karawangtoday.com, saat ditemui dilokasi.

Gua Muara, terletak di Desa Kutatandingan Kecamatan Ciampel, Karawang. Desa Kutatandingan termasuk kawasan karst Karawang yang membentang dari Kecamatan Pangkalan hingga Ciampel. Sepanjang kawasan itu  secara karakteristik dipastikan memiliki banyak gua.

Keberadaan gua tersebut terbilang sudah diketahui banyak warga, sehingga banyak yang mengunjungi, terutama dimanfaatkan untuk  berlibur. Namun menurut pengakuan warga sekitar, Gua Muara banyak dimanfaatkan kalangan tertentu  untuk bersemedi atau berdo'a.

Menuju Gua Muara tidaklah mudah. Mencapai lokasi gua harus melewati medan yang relatif sulit, karena harus melewati jalan berlumpur. Kendaraan roda empat tidak bisa mencapai lokasi melainkan harus ditempu  dengan kendaran  khusus untuk off road. Namun, bagi pecinta olahraga extrem atau pemicu adrenalin seperti motorcross dan off road, jalur tersebut terbilang  cocok untuk ditempu. (yfs)

Category: Karawang, PariwisataTags:

No Response

Leave a reply "Eksotisme Gua Muara di Kutatandingan Jadi Daya Tarik Dikunjungi"