KPK Geledah Rumah Bupati Karawang di Bandung

geledah

Terkait kasus pemerasan, rumah Bupati Karawang digeledah KPK. (Foto; ist)

Bandung, KTD- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeladah rumah Bupati Karawang Ade Swara di Jalan Japati no. 2 RT 1 RW 07 Kelurahan Sadang Serang Kecamatan Coblong Kota Bandung. Rumah Ade didatangi KPK pada Kamis (7/8/2014) sekitar  pukul 10.00 Wib.

Menurut, Oman, Ketua RT setempat, petugas KPK datang dengan menggunakan dua kendaraan roda empat jenis Kijang Inova. Petugas langsung masuk ke rumah yang hanya dihuni pembantu. Rumah tersebut sudah lama ditinggalkan bupati. Rumah tersebut terakhir dihuni oleh anaknya yang kuliah di Bandung.

"Karena sudah beres kuliah, anaknya pun jarang lagi ke rumah," katanya.

Sementara berdasarkan pemantauan di lokasi penggeledahan, hingga pukul 14.30 Wib, petugas KPK masih berada di dalam rumah. Tampak terlihat dua mobil Kijang Inova warna silver terparkir di depan rumah. Satu bernopol B 2218 GR diparkir di Jalan Titiran depan rumah. Satu lagi Kijang Inova silver bernopol B 1904 UKM terparkir di halaman parkir rumah.

Terlihat petugas polisi masih berjaga-jaga di sekitar lokasi penggeledahan. Sementara salah seorang adik istri bupati, Nurlatifah masuk rumah. Dia terlihat kesal dan sempat menyatakan akan membawa anak-anak keluar.

Bupati Karawang Ade Swara dan istrinya, Nurlatifah, menjadi tersangka KPK dalam kasus dugaan pemerasan terkait rekomendasi  Surat Persetujuan Pemanfaatan Ruang (SPPR) di Karawang.

Keduanya dicokok KPK dalam operasi tangkap tangan di Karawang yang digelar pada Kamis malam, 17 Juli 2014, hingga dinihari keesokan harinya.

Pada 17 Juli malam, KPK mengumumkan Ade dan istrinya melanggar Pasal 12e atau Pasal 23 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 421 junctoPasal 55 KUHP tentang tindak pemerasan yang dilakukan secara bersama-sama.

Sejak dicokok KPK, Ade mendekam di Rumah Tahanan Pomdam Jaya Guntur. Sedangkan istrinya diterungku di Rumah Tahanan KPK, Kuningan. Dua tempat itu terletak di Jakarta Selatan.(Ade)

Category: Hukrim, Hukrim, KarawangTags:
No Response

Leave a reply "KPK Geledah Rumah Bupati Karawang di Bandung"