Antisipasi Dampak Putusan MK, 8 Polres akan Simulasi Situasi Kontijensi

polres_n

Ilustrasi anggota Dalmas berhadapan dengan massa pendukung salah satu presiden yang tidak terima dengan putusan MK. (Foto: Athar)

Karawang, KTD-Menyusul penetapan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sidang sengketa Pilpres 2014 yang jatuh pada,Jumat (22/8/14), Polres Karawang akan melaksanakan simulasi situasi kontijensi di jalan Ahmad Yani, Tanjungpura, Senin (18/8/14) sekitar jam 10.00 pagi.

Kabag Ops, Kompol Imam Rachman mengatakan,simulasi situasi kontijensi dilakukan secara serempak di delapan wilayah Hukum Polda Jabar meliputi Polres Bogor Kota, Polres Bogor, Polres Cianjur, Polres Sukabumi Kota, Polres Purwakarta, Polres Karawang, Polres Cimahi dan Polrestabes Bandung yang akan dibuka langsung oleh Kapolda Jabar Irjen M. Iriawan di Bandung.

"Simulasi ini dilakukan guna melakukan penyekatan terhadap pengerahan massa menuju Jakarta di wilayah hukum Polres Karawang,"katanya.

Dengan adanya simulasi tersebut,Polres Karawang memohon permintaan maaf kepada masyarakat pengguna jalan apabila arus lalu lintas mengalami gangguan.Untuk itu masyarakat diimbau untuk menghindari ruas jalan lampu merah Tanjungpura sekitar pukul 11.00 Wib.

Kabag Ops menjelaskan,sebelum dilakukan simulasi situasi kontijensi Polres Karawang rencananya akan dipantau langsung oleh Wakapolda Jabar Brigjen Pol Rycko Amelza Dahniel itu,sebelumnya polres Karawang terus melakukan latihan rutin setiap pagi dan sore yang dilakukan satu minggu sebelumnya.

"Anggota terus kami latih agar terbiasa dan disiplin dalam melakukan tugasnya nanti,"terangnya.

Selanjutnya, kata dia, Polres Karawang akan melibatkan kekuatan 750 personel anggotanya, dua SSK (Satuan Setingkat Kompi)  Brimob, serta 2 Tim anti Anarkis yang terdiri dari satu peleton personel dalam setiap tim.

elain itu, tambah dia,pengamanan situasi kontijensi harus dilakukan agar tidak terjadi tindak pidana yang dilakukan oleh massa berupa pengrusakan terhadap kantor instansi pemerintah, penganiayaan terhadap pejabat pemerintah dan teror terhadap penyelenggara Pemilu serta kejahatan-kejahatan lain yang berhubungan dengan tindak kriminalitas yang dapat menganggu Kamtibmas.

"Jadi simulasi dilakukan untuk mengukur kemampuan sejauh mana kesiapan kita dalam menghadapi situasi kontijensi,"pungkasnya.(adt)

Category: Hukrim, KarawangTags:
No Response

Leave a reply "Antisipasi Dampak Putusan MK, 8 Polres akan Simulasi Situasi Kontijensi"