Menpora Perjuangkan Pencak Silat Ke UNESCO dan Olimpiade

 

2

Menpora

KTD-Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, berencana mengajukan cabang olahraga tradisional Indonesia, Pencak Silat, ke UNESCO agar dapat dipertandingkan di Olimpiade.

Dikatakan Roy Suryo, langkah pengajuan ke UNESCO ini dilakukan agar cabor pencak silat ditetapkan sebagai milik Indonesia, dan tidak bisa diklaim sebagai milik negara lain.

"Sebelumnya, Reog Ponorogo juga diklaim negara tetangga. Kita harus lakukan langkah cepat agar hal tersebut tidak terjadi lagi," kata Roy, dalam Festival Olahraga Beladiri Tradisional Indonesia di Kantor Menpora, Jakarta, Rabu (13/8).

Roy menegaskan, langkah ini akan diperkuat dengan adanya penemuan relief di Indonesia yang menunjukkan bahwa cabor ini benar-benar berasal dari Indonesia. Rencananya, ia akan membawa tim untuk menemui secara langsung pihak UNESCO.

"Awal September tim dari Menpora akan bertemu dengan UNESCO untuk mendaftar Pencak Silat sebagai jalur warisan budaya. Tapi butuh proses, karena tiap tahun Indonesia telah mendaftarkan warisan budaya tidak benda," tutur Roy.

Selain mengajukan ke UNESCO, rencananya pemerintah juga akan mendorong cabor Pencak Silat agar bisa dipertandingkan di Olimpiade beberapa tahun ke depan.

"Pada SEA Games 1987 pencak silat sudah dipertandingkan," tambahnya.

Category: Olahraga
No Response

Leave a reply "Menpora Perjuangkan Pencak Silat Ke UNESCO dan Olimpiade"