Pemanasan Global yang Lebih Menakutkan daripada Perubahan Iklim

6

efek pemanasan global

KTD-Istilah pemanasan global dan perubahan iklim, keduanya sering digunakan secara sinonim, namun survei baru mengungkapkan bahwa keduanya merupakan konotasi yang berbeda bagi banyak orang, terutama orang Amerika Afrika, Hispanik Amerika, dan liberal. Istilah ”perubahan iklim” sudah ada sekitar 20 tahun lebih tua dari istilah” pemanasan global.” Kata Wallace Broecker, seorang geoscientist di Columbia University yang dikenal sebagai Kakek Ilmu Iklim. Bahkan bagi para ilmuwan, dua istilah memiliki definisi yang berbeda .

”Pemanasan global mengacu pada peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi sejak revolusi industri, terutama disebabkan oleh emisi gas rumah kaca dari pembakaran bahan bakar fosil dan perubahan penggunaan lahan,” kata peneliti Universitas Yale Anthony Leiserowitz. “sedangkan perubahan iklim merujuk pada perubahan jangka panjang iklim bumi, termasuk perubahan suhu, curah hujan dan angin pola selama beberapa dekade atau lebih.”

Pemanasan atau Perubahan?

Leiserowitz, yang mengepalai Yale Project Perubahan Iklim Komunikasi, dan rekan-rekannya ditugaskan dua survei nasional untuk mengetahui bagaimana orang Amerika menanggapi setiap istilah hari ini. Salah satu survei, yang dilakukan pada bulan Januari, didasarkan pada sampel perwakilan nasional dari 1.021 orang dewasa. Yang lainnya, yang dilakukan pada bulan November dan Desember 2013, didasarkan pada sampel perwakilan nasional dari 1.657 orang dewasa.

Dalam survei Januari, para peneliti meminta peserta tentang pengalaman mereka dengan istilah “pemanasan global” dan “perubahan iklim.” Mereka menemukan bahwa orang Amerika melaporkan keakraban yang sama dengan kedua istilah tapi lebih cenderung untuk menggunakan dan mendengar kata-kata “pemanasan globa“. Empat puluh lima persen melaporkan mendengar “pemanasan global” lebih sering, dibandingkan dengan 12 persen yang mengatakan mereka mendengar” perubahan iklim” lagi. (Sementara itu, 37 persen mengatakan mereka mendengar kedua istilah sama.)

Dalam survei November / Desember, para peneliti meminta peserta tentang keprihatinan dan perasaan tentang perubahan iklim mereka. Untuk setengah dari peserta, pertanyaan disebut “perubahan iklim.” Untuk setengah lainnya, para peneliti mengajukan pertanyaan yang sama, tetapi dengan kata-kata” pemanasan global “bukan” perubahan iklim.“

Secara keseluruhan, hasilnya mengejutkan: Amerika umumnya lebih peduli, terancam dan tergerak untuk bertindak ketika mereka menanggapi istilah “pemanasan global” versus “perubahan iklim.” Sebagai contoh, 13 responden lebih cenderung mengatakan “pemanasan global” daripada mereka yang mengatakan “perubahan iklim”- 76 persen dibandingkan dengan 63 persen. ”pemanasan global” menghasilkan asosiasi lebih dengan pencairan es, banjir dan lubang ozon (masalah yang berbeda). “Perubahan iklim” itu lebih terkait erat dengan fenomena cuaca seperti badai. Namun, “pemanasan global” lebih mungkin untuk membuka pikiran bahwa cuaca buruk daripada ” perubahan iklim.“

Lima belas persen orang Amerika dilaporkan merasa “sangat khawatir” tentang pemanasan global, dibandingkan 9 persen tentang perubahan iklim, dan 38 persen merasa bahwa pemanasan global akan menyakiti mereka, dibandingkan dengan 30 persen yang merasa terancam secara pribadi oleh perubahan iklim. Dua puluh sembilan persen akan mengambil tindakan terhadap “pemanasan global,” dibandingkan dengan 23 persen yang akan melawan “perubahan iklim.”

Enam puluh dua persen orang Amerika menjawab bahwa “pemanasan global” yang terjadi, dan 63 persen mengatakan bahwa “perubahan iklim” yang terjadi. Tetapi orang-orang merasa lebih pasti  tentang ” pemanasan global,” survei menemukan: 27 persen orang Amerika merasa” sangat yakin” bahwa ”pemanasan global” yang terjadi. Ketika istilah ”perubahan iklim” digunakan. Jumlah yang sama orang Amerika menyalahkan aktivitas manusia untuk perubahan, tidak peduli istilah yang digunakan. Mereka juga memiliki kemungkinan yang sama untuk mengatakan bahwa ilmuwan setuju dunia sedang memanas, apakah perubahan yang dijuluki “pemanasan global” atau “perubahan iklim,”.

Category: Iptek, Opini, Pendidikan, SorotanTags:
No Response

Leave a reply "Pemanasan Global yang Lebih Menakutkan daripada Perubahan Iklim"