Di Karawang BBM Premium Sulit, Gas Elpiji 3 Kg Aman

-gas-3-kg

Di Karawang gas elpiji tabung 3 Kg bagi kebutuhan masyarakat relatif aman didapat. (ist)

Karawang, KTD- Berbeda dengan kondisi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium yang sulit didapat, kebutuhan gas elpiji tabung 3 Kg di Karawang terbilang relatif mudah didapat. Setidaknya seperti dikatakan Ketua DPC Hiswana Migas (Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi) Karawang-Purwakarta, H.Didin Nazarudin.

“Dipastikan masyarakat akan mudah mendapatkan gas bersubsidi tersebut,” ungkapnya kepada sejumlah wartawan di Disperindagtamben Karawang, Rabu (27/8/14).

Kebutuhan Karawang dalam soal gas elpiji bersubsidi mencapai 1.600 hingga 1.650 tabung/bulan. Kebutuhan tersebut dicukupi dengan 34 agen di 30 kecamatan se-Karawang. Di Karawang terdapat 535 pangkalan dan ditambah sekitar 30 pangkalan.

Diungkapnya, gas elpji tabung 3 Kg menjadi kebutuhan masyarakat karena mayoritas bersubsidi paling tinggi. Oleh karenanya perlu terdapat suatu pengawasan tentang gas bersubdi.

“Tugas pengawasan ada di wilayah pemerintahan sebagai koordinatornya. Jangan sampai gas elpiji bersubsidi untuk masyarakat digunakan oleh kalangan pengusaha modern seperti di mall,” ujarnya.

Dikatakan dia, gas elpiji bersubdi untuk masyarakat. Sedang kalangan usaha yang ditolelir merupakan jenis UMKM menengah. Ia mencontohkan semisal tukang pecel lele atau ayam, gorengan serta lainnya terkecuali yang berada di mall.

“Itu perlu ada pengawasan. Jika tidak dikhawatirkan ada oknum yang menggunkan gas bersubsidi,” katanya.

Untuk pengiriman gas sendiri, tambah Didi, pada setiap kecamatan menyuplai gas dipastikan berbeda. Pasalnya di setiap wilayah jumlah kebutuhan gas berbeda-beda.

“Kecamatan Pangkalan dan Jatisari dipastikan berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan. Jika di Pangkalan masih bisa ada pengganti seperti kayu bakar dan di Jatisari menyuplaian banyak lantaran UMKM tingkat perekonomian masyakat tinggi,” paparnya.

Atas kondisi demikian, tambahnya,  pengawasan dan pengendalian kebutuhan gas akan lebih terkontrol di daerah.

“Daerah bahkan nantinya ibu-ibu PKK lah yang akan menjadi pengawas dan pengontrol kebutuhan gas bersubsidi,’ ujarnya. (yfs)

Category: Ekbis, KarawangTags:
No Response

Leave a reply "Di Karawang BBM Premium Sulit, Gas Elpiji 3 Kg Aman"