Karawang Ternyata Punya “Green Canyon”

0 50469
Lokasi di Dusun Cipaga yang mirip dengan Green Canyon di Pangandaran

Lokasi di Dusun Cipaga yang mirip dengan Green Canyon di Pangandaran. (Foto: Yuda Febrian)

Karawang, KTD- Menyebut objek wisata Green Canyon, sejumlah orang berpikir ke Amerika Serikat. Padahal, setelah sekitar tahun 1993 sejumlah wisatawan mancanegara (wisman) menyebutkan ada Green Canyon di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, kini sejumlah aktifis lingkungan menemukan objek wisata serupa di Kampung Tonjong  Roke, Desa Medalsari, Kecamatan Pangkalan, Karawang,berbatasan dengan Kota Bogor.

“Lokasi ini masih jarang dikunjungi oleh masyarakat Karawang, bahkan belum banyak orang yang tahu,” ujar Mang Ojos, salah satu tokoh warga Dusun Cipaga yang memperkenalkan lokasi tersebut saat diwawancarai  karawangtoday.com, Senin (1/9/14) siang.

Lanjut ojos, akses ke Green Canyon Karawang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Jarak tempuh waktu sekitar 1 jam dari perkampungan di Dusun Cipaga.

Kendati belum terkenal, Mang Ojos mengaku saat ini sedang mencoba memperkenalkannya melalui media sosial sebagai upaya pelestarian alam sekitar. Dia berharap objek wisata yang dinilainya masih perawan itu bisa menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Karawang untuk bisa dikembangkan.

Mang Ojos sedang bergelantungan di sebuah akar pohon tua di Dusun Cipaga

Mang Ojos sedang bergelantungan di sebuah akar pohon tua di Dusun Cipaga. (Foto: Yuda Febrian)

“Jangan sampai wilayah ini dieksploitasi dengan pihak asing, karena itu yang saya takutkan. Semoga pemerintah bisa mengembangkan potensi wilayah Dusun Cipaga menjadi ekowisata,” harapnya.

Hingga saat ini, ungkapnya, sudah ada beberapa komunitas di Karawang yang mulai  berdatangan ke lokasi tersebut. Diminatinya objek wisatan di tempat tersebut lantaran , selain kehadiran Green Canyon, banyak panorama alam lainnya yang bisa dinikmati para pengunjung, ketika menuju lokasi .

“Seperti hamparan batu atau disebut juga taman batu, dengan bentuk bermacam- macam dan berukuran besar,” ujar pria yang suka berpetualang ini.

Panorama Alam Dusun Cipaga selain Green Canyon

Panorama Alam Dusun Cipaga selain Green Canyon. (Foto: Yuda Febrian)

Green Canyon Karawang merupakan objek wisata alam yang menyimpan berjuta pesona. Berpacu dengan arus sungai melintasi beberapa jeram yang cukup menantang spot jantung kita. Anda akan berjumpa pula dengan keindahan bentuk batu-batu dan akar- akar pohon tua yang menjulur mengiringi setiap perjalanan menuju Green Canyon Karawang. (yfs)

Category: Karawang, PariwisataTags:
No Response

Leave a reply "Karawang Ternyata Punya “Green Canyon”"