Pengerahan Massa Bukan Solusi Sengketa Telukjambe

sengketa

Sengketa lahan Telukjambe, Karawang. (ist)

Karawang, KTD- Sengketa tanah di desa Wanasari, Wanakerta, dan Margamulya, Teluk Jambe Karawang, menurut praktisi hukum H. Matin Purwadinata, SH, harus segera diselesaikan secara tuntas. Banyak hal merugikan yang akan terjadi jika sengketa ini terus berlanjut.

"Pengadilan adalah jalan terbaik, bukan demo atau aksi masa," kata  Penasehat LSM Gibas ini.

Dia mengharapkan masyarakat agar bisa menerima PK sebagai keputusan hukum tertinggi. Bagi Martin, upaya hukum lain bisa dilakukan jika ada bukti baru, berupa novum.

"ltu pun hanya bisa dilakukan jika ada bukti baru berupa sertifikat," ungkapnya.

Disayangkan oleh Martin, kalau sampai ada upaya pengerahan massa dalam kasus sengketa ini. Menurutnya, Pengerahan massa bukanlah penyelesaian terbaik.

"Pengerahan massa akan merugikan semua pihak," ujarnya.

Apa yang disampaikan Martin boleh dibilang benar. Jika pengerahan massa terus dilakukan, bisa membuat permasalahan ini tereskalasi menjadi konflik serius yang membenturkan secara frontal antara pengusaha (dan penguasa yang terseret-seret) dengan rakyat. Konflik tanah bisa menyebabkan timbulnya masalah besar yang mengganggu kondusifitas daerah.

Dalam kasus sengketa tanah di Telukjambe, indikasi ini jelas terlihat dari adanya upaya pengerahan massa saat dilakukannya proses eksekusi oleh Pengadilan Negeri Karawang atas tanah yang telah mendapatkan kepastian hukum tetap dan mengikat. Masyarakat didorong-dorong untuk berada di barisan depan menghadapi aparat.

Media sempat membangun opini adanya tindak kekerasan saat pelaksanaan eksekusi 24 Juni lalu. Bahkan setelah eksekusi pun, masih saja berkembang opini aparat bertindak brutal dalam menghalau massa dan mengakibatkan jatuhnya korban dari kalangan petani. Hal ini dibantah keras oleh Kapolres Karawang AKBP Daddy Hartadi.

"Petani, tidak ada petani disini. Enggak ada yang ditembak, semua kondusif," kata Daddy Hartadi saat dikonfirmasi, beberapa waktu lalu. (top)

Category: Karawang, SorotanTags:
No Response

Leave a reply "Pengerahan Massa Bukan Solusi Sengketa Telukjambe"