Besok Malam ada “Wisuda Gatotkaca” di Grand Taruma

wayang_o

Karawang, KTD-Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Karawang ke- 381, Paguyuban Pedagang Mie dan Bakso (Papmiso) Karawang, Paguyuban Keluarga Banyumas (Pakumas) dan Paguyuban Keluarga Sedyalestari Solo akan menggelar pentas wayang kulit di Grand Taruma Sabtu (13/9/14) malam.

Dalam pentas wayang kulit tersebut, sebagaimana diungkapkan oleh wakil ketua panitia, Sungkono akan tampil dalang kondang dari Sukoharjo Solo, Ki Warseno Slenk dengan bintang tamu Yati Pesek.

“Lakon yang akan dimainkan nanti Gatotkaca Winisuda,” ujarnya kepada Wartawan, Jumat (12/9/14).

Menurut Sungkono, acara ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan warga masyarakat dari berbagai kabupaten di Jawa Tengah yang tinggal di Karawang. Ditambahkannya, kebetulan event ini bertepatan dengan dirgahayu Kabupaten Karawang ke 381.

“Kegiatan tahunan ini merupakan swadaya dan gotong-royong kami dari Solo, Cilacap, Banyumas, Jogja dan daerah lain yang telah lama tinggal di Karawang,” tambahnya.

Pada  kesempatan berbeda, Ketua Papmiso Supriyadi Chepi menyatakan, acara tersebut sebagai wujud melestarikan budaya adiluhung yang dimiliki bangsa Indonesia. Diharapkannya, agar generasi penerus bangsa mampu mencintai seni budaya yang sarat dengan nilai-nilai keluhuran budi pekerti.

“Harusnya kita malu, kalau sampai warga negara asing saja belajar seni pedalangan, karawitan, sinden, tapi kita sendiri malah mengabaikannya,” jelasnya.

Hal yang tak jauh beda disampaikan oleh Ketua Pakumas Karawang Agus Rivai. Untuk memeriahna HUT Karawang kali ini, partisipasinya tidak hanya menggelar pementasan wayang kulit saja. Ditegaskannya, paguyubannya juga ikut serta dalam kegiatan lain seperti gelar budaya yang akan dilaksanakan Minggu (14/9/14).

“Berbagai kegiatan tersebut merupakan manifestasi kita dalam menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan, termasuk terhadap masyarakat Karawang.Dimana bumi dipijak di situlah langit dijunjung. Oleh karena itu tidak ada alasan untuk tidak memajukan Karawang,” tegas mantan komisioner KPU Karawang ini.

Pementasan pagelaran wayang kulit ini, ternyata mendapat antusiasme warga pendatang yang lain. Salah satunya Supriyanto, yang sehari-hari berjualan dawet ayu Banjarnegara di bilangan Karawang Central Plaza (KCP). Dirinya merencanakan untuk melihat pertunjukan wayang kulit tersebut bersama keempat rekannya yang lain.

“Betul Mas, saya sudah dengar acara itu. Saya rencana berlima akan datang melihat Dalang Warseno Slenk dan Yati Pesek,” ujar Pemuda asal Wanadadi Banjarnegara Jawa Tengah ini, penuh antusias.

Dalam acara ini, direncanakan akan dihadiri Wakil Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, Ketua PCNU Kabupaten Karawang, H. Ahmad Marjuki dan anggota DPR-RI Rieke Dyah Pitaloka dan Aria Bima. (top)

Category: Budaya, KarawangTags:
No Response

Leave a reply "Besok Malam ada “Wisuda Gatotkaca” di Grand Taruma"