kabinet jokowi

JAKARTA,KTD – Akhirnya Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK), mematenkan postur kabinet dengan 34 kementerian. 

“Sesuai janji kita sampaikan sore hari ini, saya sampaikan mengenai jumlah kementerian guna memastikan pemerintah berjalan dengan efektif sesuai sistem presidensial yang kita anut. Presiden itu sebagai single chief eksekutif, dibantu oleh menteri negara,” kata Jokowi di Kantor Transisi, Jakarta, Senin (15/9/2014). 

Dia mengaku, akan menciptakan pemerintahan yang bekerja dan hadir di tengah rakyat, serta pemerintahan yang terkonsolidasi. Jokowi pun mengumumkan komposisi menteri di kabinet barunya. 

“Sore hari ini telah kita putuskan jumlah kementerian ada 34. Nantinya akan diduduki oleh pembagiannya oleh 18 profesional dan 16 profesional partai,” jelasnya. 

Dia menegaskan, nantinya tetap ada tiga menteri koordinator untuk membantu tugas-tugasnya. “Menko tetap tiga, wakil menteri sementara ini menurut penilaian kita mungkin masih diperlukan di kementerian luar negeri,” pungkasnya. (bbs) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here