LPPM Unsika Kembangkan Teknik Berkebun Hidroponik

sayur_n

Teknik Berkebun Hidroponik yang dilakukan LPPM Unsika, dengan motifasi sebagai upaya pemanfaatan lahan pekarangan dengan budidaya yang lebih hemat lahan, nutrisi dan hemat waktu. (Foto: Yuda Febrian)

Karawang,KTD- Upaya pemberdayaan masyarakat di bidang agrobisnis, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) mengembangkan teknik berkebun dengan cara Hidroponik.

Kongkretnya program itu diaplikasikan melalui Posdaya Desa Ciwulan Kecamatan Telagasari, Karawang.

Hidroponik merupakan metode pembudidayaan sayuran tanpa menggunakan media tanah. Media yang digunakan lebih memanfaatkan media air ditambah dengan media arang sekam, batu benang (rockwool) dan sabut kelapa.

"Konsep yang kami tawarkan dengan motifasi sebagai upaya pemanfaatan lahan pekarangan dengan budidaya yang lebih hemat lahan, nutrisi dan hemat waktu," kata Ajud Tajrudin, koordinator Seksi Lingkungan Hidup Posdaya Ciwulan kepada karawangtoday.com pada gelaran UMKM di Lapangan Karangpawitan.

Lanjutnya, cara pembuatan media hidroponik dengan mensirkulasikan air dengan sistem pemupukan dengan cara Nutrien Film Teknik (NFT).

"Pupuk yang diberikan bernama AB Mix untuk 5milimeter/ liter air jadi non pestisida sehingga hasil yang diberikan bermanfaat bagi kesehatan manusia," ungkapnya.

Jenis sayuran seperti selada, bayam dan sejenisnya menjadi fokus pengembangan untuk bisa dipasarkan ataupun untuk konsumsi pribadi.

"Saat ini kami sedang mengembangkan budidaya selada. Pasalnya, permintaan sudah banyak dari Subang, Tangerang dan Cikarang. Namun, kami belum bisa menerima permintaan skala besar karena keterbatasan anggaran," ungkapnya. (yfs)

Category: Karawang, PendidikanTags:
No Response

Leave a reply "LPPM Unsika Kembangkan Teknik Berkebun Hidroponik"