Diperingati Setiap 2 Oktober, Batik Warisan Budaya Bangsa Indonesia

batiks

Beragam corak batik perlu dilestarikan sebagai bentuk mempertahankan budaya bangsa. (ist)

Karawang, KTD – Setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Lantas apa yang bisa diperbuat, agar tradisi busana budaya bangsa ini tetap lestari. Tentunya dengan gemar menggenakan busana termasuk asesoris bernuansa batik.

Seperti dilakukan  2 kandidat master dari Indonesia di Universitas Oxford, Inggris.Sudah tahun keempat ini, tanggal 2 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Langkah maju dilakukan Mereka mengajak rekan sekelasnya dari penjuru dunia memakai batik tiap Jumat.

Dari informasi yang diterima bernama Dinar Hanggarani, Kamis (2/10/14), dua orang mahasiswa yang memprakarsai ide tersebut adalah Emil Dardak dan Rio Haminoto. Emil tercatat sebagai mahasiswa Master of Science yang juga merupakan Wakil Presiden Eksekutif Indonesia Infrastructure Guarantee Fund. Sementara Rio sebelumnya juga dikenal publik sebagai penulis naskah film "Catatan si Boy".

Para pelajar yang terdiri dari siswa dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Korea Selatan, Nigeria, Swiss, Trinidad, India, Austria dan Peru telah berjanji untuk mengenakan batik setiap hari Jumat, dimanapun mereka berada. Hal itu mereka lakukan salah satunya untuk mempromosikan batik di mata dunia sebagai Ambassador of Batik to the World.

Hari Batik Nasional diperingati oleh masyarakat Indonesia setiap tanggal 2 Oktober. Warga masyarakat dari semua kalangan, seperti mahasiswa, karyawan kantoran dan lainnya tampak kompak memakai batik dalam berbagai motif dan corak.(ega/bbs)

Category: Budaya, KarawangTags:
No Response

Leave a reply "Diperingati Setiap 2 Oktober, Batik Warisan Budaya Bangsa Indonesia"